Pertandingan Klasik

Ketika Seaman Jadi 'Tembok' Kegagalan Spanyol Raih Gelar Euro 1996

Selasa, 15 November 2016 16:00 WIB
Editor: Ivan Reinhard Manurung
 Copyright:

Inggris dan Spanyol merupakan dua negara di benua Eropa yang identik dengan sepakbola. Terbukti sejumlah pesepakbola terbaik dunia, berasal dari dua negara tersebut,sebut saja David Bechkam, Raul Gonzales, dan masih banyak lainnya.

Tidak heran jika pertandingan kedua negara 'adidaya' sepakbola Eropa itu selalu dinantikan dan dipastikan akan menjadi suguhan yang menarik untuk disaksikan.

Inggris dan Spanyol pertama kali bertemu pada era sebelum perang dunia, tepatnya pada 15 Mei 1929. Saat itu, Tim Matador yang berstatus tuan rumah, sukses mengungguli The Three Lions dengan skor 4-3.

Sejak saat itu, kedua kesebelasan mulai sering bertemu dalam berbagai kesempatan. Mulai dari sekedar partai persahabatan biasa, Kejuaraan Eropa, hingga Piala Dunia.

Tercatat sudah 24 pertemuan yang dijalani keduanya di berbagai level kompetisi. Dari total pertemuan tersebut, Inggris memang sedikit lebih dominan dengan torehan 13 kemenangan, sedangkan Spanyol baru mengoleksi sembilan kemenangan, dan sisa tiga pertandingan lainnya berakhir imbang.

Dari antara sejumlah pertandingan yang mempertemukan dua tim terbaik Eropa tersebut, mungkin tidak ada yang mengalahkan momen ketika keduanya bertemu dalam babak perempat final Euro 1996.

Sangking menegangkannya persaingan pemain kedua kesebelasan saat itu, pertandingan sampai harus memasuki drama adu penalti. Beruntung bagi Inggris, mereka akhirnya sukses membuat pemain Spanyol angkat koper setelah unggul 4-2 di babak adu penalti.

Bagi para pencinta sepakbola, khususnya penggemar Timnas Inggris yang ingin bernostalgia dengan laga tersebut, INDOSPORT telah menyiapkan ceritanya dalam tajuk pertandingan klasik, berikut ulasannya:

243