Piala AFF 2002

Ketika Pemain Persija Jadi Bintang di Piala AFF

Jumat, 18 November 2016 20:32 WIB
Penulis: May Rahmadi | Editor: Hendra Mujiraharja
© INDOSPORT/Internet
Bambang Pamungkas. Copyright: © INDOSPORT/Internet
Bambang Pamungkas.

Kesuksesan Macan Kemayoran meraih gelar Liga Indonesia (Ligina) pada tahun 2001 tidak lepas dari kontribusi lima pemain bintangnya, yakni Nur Alim, Budi Sudarsono, Imran Nahumarury, Gendut Doni Christiawan, dan Bambang Pamungkas. Lima nama tersebut sukses membawa Persija bangkit setelah terpuruk di Ligina di tahun-tahun sebelumnya.


Skuat Persija Jakarta.

Mudahnya proses perizinan dari klub untuk membawa para pemain cemerlang itu ke timnas, kemudian membuat Ivan Kolev mempercayainya tahun 2002. Saat itu, Kolev adalah pelatih Timnas Indonesia senior yang mengemban tugas menjuarai Piala AFF (dulu Piala Tiger), yang terselenggara di Indonesia dan Singapura.

Kolev tahu betul kemampuan para bintang Persija di Ligina 2001 itu, sebab ia pernah membangun pondasi permainan Persija pada tahun 1999. Karena hal tersebut, di Piala AFF kala itu ia menjadikan Bambang Pamungkas sebagai pemain wajib di skuatnya.

Hasilnya, Bambang cs berhasil membawa Indonesia melewati fase grup dan melaju ke babak final tanpa sekalipun mengalami kekalahan. Tidak terduga, Skuat Garuda bahkan mampu mengimbangi permainan dua tim terbaik di Asia Tenggara, yakni Vietnam dan Malaysia. 

Berikut ini INDOSPORT merangkum cerita mengenai para bintang Persija tahun 2001 yang membawa Indonesia melaju ke final Piala AFF 2002, dari kontribusi, catatan rekor, hingga menjadi top skor:

IDS Emoticon Suka
Suka
0%
IDS Emoticon Takjub
Takjub
0%
IDS Emoticon Lucu
Lucu
0%
IDS Emoticon Kaget
Kaget
0%
IDS Emoticon Aneh
Aneh
0%
IDS Emoticon Takut
Takut
0%
IDS Emoticon Sedih
Sedih
0%
IDS Emoticon Marah
Marah
0%