Mengintip Pembangunan Sepakbola di Negeri Atap Dunia

Jumat, 18 November 2016 18:47 WIB
Editor: Galih Prasetyo
© INTERNET
Timnas Tibet Copyright: © INTERNET
Timnas Tibet
Impian melawan Jerman atau Brasil

Sejak mulai terbentuknya TNFA, sepakbola di Tibet semakin bergeliat. Meski tidak diakui FIFA, Tibet bukanlah satu-satunya Timnas yang alami hal itu. 

Sejumlah wilayah yang mengklaim sebagai negara merdeka kemudian membuat Piala Dunia versi mereka yang biasa disebut FIFI Wild Cup. Sejumlah peserta hadir di kompetisi tersebut seperti Gibraltar, Provence, Occitania, dan wilayah-wilayah lain. 

Selain itu, TNFA pun banyak menyelenggarakn kompetisi sepakbola di internal mereka. Sejumlah klub ikut berpartisipasi. Tibet pun memberi penekanan pada pembinaan bibit muda sebagai kunci sukses mereka di tahu-tahun mendatang. 

Sejumlah pemain muda Tibet tersebar di 20 sekolah sepakbola yang tersebar di India. Dilansir nytimes.com, TNFA bahkan menjalankan program sepakbola tidak hanya untuk laki-laki namun juga perempuan. 

Sejak 2001 lalu, ada kurang lebih 180 gadis remaja di Nepal yang ikut berpartisipasi dalam pembinaan sepakbola kaum muda. 

"Suatu hari nanti kami kami melawan Jerman atau Brasil," kata Sekretaris Jenderal TNFA. 

Program yang dijalankan oleh TNFA memang belum menemui hasil maksimal. Hasil minor acapkali diterima oleh Nepal, seperti pada perhelatan FIFI Wild Cup 2006 lalu. 

Nepal yang tergabung dalam Grup A bersama Republic St Pauli dan Gibraltar tidak berdaya dan kalah dua kali dengan skor mencolok. 7-0 dari Republic St Pauli dan 5-0 oleh Gibralatar. 

Meski begitu, Nepal tetap menunjukkan niat untuk membangun sepakbola mereka meski ditengah keterbatasan. Semangat 1936 jadi pemicu untuk anak-anak muda Tibet terus bermain bola. 

Semangat 1936 ialah istilah untuk menggambar tim pertama sepakbola di Tibet yang muncul pada 1936 silam. Tim sepakbola pertama tersebut bernama Lhasa United. 

IDS Emoticon Suka
Suka
0%
IDS Emoticon Takjub
Takjub
0%
IDS Emoticon Lucu
Lucu
0%
IDS Emoticon Kaget
Kaget
0%
IDS Emoticon Aneh
Aneh
0%
IDS Emoticon Takut
Takut
0%
IDS Emoticon Sedih
Sedih
0%
IDS Emoticon Marah
Marah
0%