Piala AFF 2016

Sering Blunder di Timnas, Basna Dibela Pelatih Persib

Jumat, 25 November 2016 14:44 WIB
Editor: Ivan Reinhard Manurung
 Copyright:

Meskipun mendapat kepercayaan dari pelatih Timnas Indonesia, Alfred Riedl menjaga lini pertahanan saat menghadapi Thailand dan Filipina, nyatanya penampilan Yanto Basna masih jauh dari ekspektasi.

Tidak hanya kerap melakukan blunder yang jelas merugikan Skuat Garuda, Basna juga sering melakukan aksi provokasi, seperti saat melawan Filipina, Selasa (22/11/16) lalu. Kala itu akibat pelanggaran yang ia lakukan, Filipina mendapat hadiah tendangan bebas yang sukses membuat keadaan menjadi imbang 2-2.


Performa Yanto Basna di Piala AFF 2016 belum maksimal.

Terkait penampilan Basna yang belum maksimal itu, pelatihnya di Persib Bandung, Djajang Nurdjaman pun mengeluarkan pembelaan. Menurutnya, Basna belum bisa maksimal karena usianya yang masih sangat muda.

“Basna itu dia sudah dua kali main full (90 menit), tapi dia tetap pemain muda. Jadinya belum konsisten penampilannya, bahkan sempat blunder, artinya memang belum matang,” ujar pelatih yang akrab disapa Djanur itu sepeti dilansir Simamaung.

Ia pun berharap meski belum tampil maksimal, Basna tidak menyerah dan mau untuk terus memperbaiki diri.

“Tetap harus bekerja keras untuk mencapai fit performance individu, baik itu Zulham (Zamrun) maupun Basna, mereka harus membuktikan diri,” ungkap pelatih kelahiran 30 Oktober 1964 tersebut.


Djanur berharap Basna tidak patah semangat di Timnas Indonesia.

Dalam kesempatan itu, Djanur pun mengungkapkan pendapatnya mengenai peluang Indonesia di Piala AFF 2016.

“Peluang masih terbuka, tim ini sebenarnya bagus. Dari pertandingan lawan Thailand, sebenarnya sempat mengimbangi, apalagi dengan Filipina semestinya kita bisa menang. Lawan Singapura kuncinya, kita bisa lolos, cukup terbuka buat lolos,” tutupnya.

798