Torabika Scccer Championship 2016

3 Alasan Legiun Asing Kuasai Top Skor TSC, ke Mana Striker Lokal?

Selasa, 29 November 2016 13:45 WIB
Penulis: Petrus Manus Da' Yerimon | Editor: Ramadhan
 Copyright:

Alberto Goncalves (19 gol), Marcel Silva Sacramento (18 gol), Luis Carlos Junior (16 gol), dan Thiago Furtuoso (15 gol) merupakan striker asing yang berada di peringkat atas pencetak gol terbanyak TSC 2016.

Menariknya, dari 4 nama di atas, hanya Beto Goncalves yang telah malang melintang dikompetisi Tanah Air.  Sementara Thiago, Marcel Silva, dan Luis Carlos tercatat baru kali ini merasakan ketatnya persaingan di Liga Indonesia.

Melihat hal tersebut, pelatih Semen Padang, Nilmaizar pun menjelaskan kesuksesannya menyulap Marcel Silva jadi mesin gol Kabau Sirah. Faktor penting dari kesuksesan tersebut adalah berkat komunikasi yang baik.

“Kita hanya komunikasi saja, mereka kan pernah berlatih di luar sana dan banyak dapat segala macam juga. Di sini kita minta mereka harus cepat beradaptasi, kemudian kita beri tahu apa yang diinginkan tim pelatih,” jelas Nilmaizar secara singkat kepada INDOSPORT.

Kehadiran dan ketajaman para penyerang asing tersebut memang menguntungkan tim yang dibela. Namun, di sisi lain, ada satu hal yang cukup menyita perhatian, yakni melempemnya para penyerang Tanah Air.


Logo Torabika Soccer Championship (TSC) 2016.

Dari puluhan striker asli Indonesia hanya ada nama Boaz Solossa dan Ferdinand Sinaga, yang menorehkan catatan 10 gol. Memang ada nama Cristian Gonzales, namun ia bukanlah pemain asli kelahiran Indonesia.

Rupanya ada sejumlah alasan kenapa stiker lokal kurang begitu menonjol pada kompetisi TSC. Berikut INDOSPORT mencoba membahasnya untuk pembaca setia.

810