Piala AFF 2016

Hadapi Thailand, Eks Top Skor Piala AFF Beri Petuah untuk Indonesia

Jumat, 9 Desember 2016 15:24 WIB
Penulis: Petrus Manus Da' Yerimon | Editor: Hendra Mujiraharja
© Zainal Hasan/Indosport
Latihan Timnas Indonesia Copyright: © Zainal Hasan/Indosport
Latihan Timnas Indonesia

Babak final Piala AFF 2016 leg pertama akan berlangsung pada Rabu (14/12) pekan depan dengan Indonesia sebagai tuan rumah di Stadion Pakansari, Bogor.

Meski masih jauh hari, Timnas Indonesia sudah mulai sibuk mempersiapkan diri dengan kembali menjalani pemusatan latihan di lapangan Sekolah Pelita Harapan (SPH) Karawaci, Tangerang.  

Dibalik persiapan Skuat Garuda ikut tersebut, salah satu mantan pemain Timnas, Gendut Doni turut memberikan pesan. Menurutnya, pasukan Aflred Riedl harus bermain lebih solid dan disiplin. Selain itu komunikasi juga menjadi hal penting yang tidak boleh diabaikan.
 

Pemain belakang Timnas Indonesia, Fachrudin saat menjaga pemain Thailand.

"Kinerja lini tengah dan koordinasi pada saat hilang bola maupun saat tim tertekan harus lebih solid dan disiplin. Lini pertahanan harus lebih ditingkatkan kinerjanya, lebih fokus, dan jangan panik serta gelandang harus berani bermain dengan bola. Selain itu, komunikasi juga perlu dijaga," ujarnya.

"Untuk posisi striker memang harus lebih banyak support dari lini kedua dan harus berani bermain serta berakselerasi ke pertahanan lawan. Karena kita tahu Boaz, Andik maupun Rizky Pora punya kecepatan dan shooting yang bagus," lanjutnya. 

"Saya rasa akan lebih berbahaya buat tim Thailand bila mereka bisa maksimalkan kemampuannya," sambung mantan pemain berusia 38 tahun itu lebih rinci, melalui pesan singkat kepada INDOSPORT.

Di sisi lain, Gendut Doni percaya bahwa pelatih Riedl tentu sudah memiliki strategi dan melakukan evaluasi dari hasil pertemuan sebelumnya di babak penyisihan grup A. Saat itu Timnas Indonesia kalah 2-4 dari Thailand.

Gendut Doni Christiawan saat masih membela Timnas Indonesia.

Mantan pemain Persib Bandung tersebut juga berharap dan mendoakan agar Skuat Garuda bisa menjadi juara sehingga memberikan kado buat para pendukung setia di Tanah Air.

"Pertemuan pertama di fase group akan jadi evaluasi bagi coach Riedl untuk lebih mempersiapkan kekurangan dan kelebihan timnas kita saat menghadapi Thailand di partai final nanti. Semoga bisa memberikan kado terindah buat masyarakat dan pendukung timnas kita, Amin," tutup Gendut Doni.