Peristiwa Masa Lampau

Final Piala AFF 2002: Garuda Tumbang di Senayan

Selasa, 13 Desember 2016 16:01 WIB
Editor: Dery Adhitya Putra
 Copyright:
Keperkasaan Juara Bertahan

Tampil di hadapan puluhan ribu pendukung sendiri, Tim nasional Indonesia memulai laga dengan cukup baik. Anak-anak asuh Ivan Kolev sempat mendapat yang cukup mengancam gawang Thailand, yang kala itu dikawal oleh Kittisak Rawangpa.

Namun perlahan Kiatisuk Senamuang dkk berhasil balik menekan dan menguasai pertandingan. Meski begitu, gemuruh sorak-sorai para suporter terus bergema untuk memberi semangat dan motivasi kepada para penggawa Tim Merah Putih.

Gaung teriakan puluhan ribu pendukung Timnas Indonesia sempat terhenti saat pertandingan memasuki menit ke-26. Berawal dari tendangan bebas yang didapat di sisi kanan pertahanan Indonesia, Chukiat Noosarung, yang berdiri bebas tanpa penjagaan, memanfaatkan umpan silan kiriman Therdsak Chaiman untuk menaklukkan Hendro Kartiko.
 

Usai tertinggal satu gol, mental pemain Timnas terlihat menurun. Dominasi para penggawa Thailand di lapangan semakin terlihat jelas. Selang 12 menit setelah gol pertama, anak-anak asuh Peter White sukses menggandakan keunggulan mereka. Jika pada gol pertama memberi assist, kali ini Therdsak yang menjadi pencetak gol.

Berdiri bebas di tengah kotak penalti Indonesia, penyerang yang kala itu berusia 29 tahun tersebut melepaskan tembakan volley. Bola membentur pemain bertahan Indonesia dan mengecoh Hendro Kartiko, yang harus memungut bola dari dalam gawang untuk kedua kalinya.
 

Skor 2-0 untuk keunggulan Thailand bertahan hingga wasit meniupkan peluit tanda berakhirnya babak pertama. Tertinggal dua gol di kandang sendiri membuat bayang-bayang kekalahan memalukan dengan skor 4-1 yang dialami Timnas Indonesia dari Thailand pada partai puncak AFF (dulu bernama Piala Tiger) dua tahun lalu mulai membayangi benak para suporter.

IDS Emoticon Suka
Suka
0%
IDS Emoticon Takjub
Takjub
0%
IDS Emoticon Lucu
Lucu
0%
IDS Emoticon Kaget
Kaget
0%
IDS Emoticon Aneh
Aneh
0%
IDS Emoticon Takut
Takut
0%
IDS Emoticon Sedih
Sedih
0%
IDS Emoticon Marah
Marah
0%