Piala AFF 2016

Dokter Beri Peringatan Keras ke Pemain Timnas Indonesia

Jumat, 16 Desember 2016 19:38 WIB
Penulis: Petrus Manus Da' Yerimon | Editor: Hendra Mujiraharja
 Copyright:

Usai menang 2-1 di leg pertama atas Thailand di Stadion Pakansari, Bogor, kini Timnas Indonesia tengah bersiap untuk melakoni laga final terakhir di Rajamangala Stadium yang akan berlangsung, Sabtu (17/12/16) besok.

Di tengah persiapan tersebut, kabar baik menyertai Skuat Garuda. Ppara penggawa Timnas Indonesia tak mengalami masalah dengan cuaca dan makanan di Thailand.

"Cuaca di sini aman saja, mengenai suhu juga sama halnya dengan di Jakarta. Sementara untuk makanan juga tidak ada masalah, kita tidak ada request kepada pihak hotel maupun bawa koki sendiri lantaran menu makanan Asean kan rata-rata hampir mirip," jelas media officer Timnas Indonesia, Bandung Saputra.

Jika dilihat sekilas faktor cuaca dan makanan mungkin memang terlihat kecil dan sering luput dari perhatian. Namun, untuk para pemain justru kedua hal tersebut sebisa mungkin dijaga dan diperhatikan apalagi menjelang pertandingan akbar seperti laga final Piala AFF kali ini.
 

Para pemain Timnas Indonesia melakukan latihan ringan di hotel.

Dokter Timnas Indonesia, Syarif Alwi sendiri pernah memberikan peringatan keras kepada pemain agar tidak mencoba makanan yang belum pernah dicicipi. Hal itu dimasudkan agar menghindari hal kecil seperti masalah pencernaan dan lain sebagainya.

"Mereka (pemain) jangan mencoba makanan yang belum pernah dicoba sebelumnya. Bisa saja hal itu mengakibatkan sakit perut dan lainnya," jelas dokter asal Sulawesi Selatan itu.

Sementara itu final kali merupakan partai puncak kelima bagi Timnas Indonesia dimana dalam empat laga sebelumnya harus puas menjadi runner up. Pertemuan dengan Thailand di babak final juga menjadi yang ketiga kalinya setelah kalah dua kali pada tahun 2000 dan 2002 lalu. 

Jika juara pada Piala AFF kali ini, maka Indonesia akan mencatatkan sejarah baru, menjadi juara pertama kali sepanjang pagelaran ajang sepakbola dua tahunan antar negara Asean. 

2K