Piala AFF 2016

Kontroversi Wasit Leg Kedua Indonesia vs Thailand, Pernah Kena Omelan Marcello Lippi

Jumat, 16 Desember 2016 14:46 WIB
Editor: Arief Rahman Hakim
 Copyright:

AFF selaku penyelenggara Piala AFF memilih Abdulla sebagai wasit final leg kedua antara Indonesia kontra Thailand, yang berlangsung di Stadion Rajamangala, Bangkok, pada Sabtu, 17 Desember 2016 pukul 19.00 WIB.

Indonesia datang dengan keunggulan agregat gol 2-1 dari gol yang diciptakan Rizky Pora dan Hansamu Yama Pranata, sementara satu gol Thailand dikreasikan oleh Teerasil Dangda.

Laga final pun akan dipimpin oleh Abdulla yang berasal dari Uni Emirat Arab (UEA), dan dikenal sebagai wasit senior yang telah memegang lisensi FIFA di UEA. Meski begitu, perhelatan Piala AFF kali ini, merupakan yang pertama bagi Abdulla.

Faktanya, Abdulla juga tidak lepas dari kontroversi karena pada 2014 ia pernah bermasalah dengan pelatih yang membawa Timnas Italia juara Piala Dunia 2016, Marcello Lippi.


Lippi saat mengomeli Abdulla pada 2014.

Pria berusia 68 tahun itu pada 2014 melatih Guangzhou Evergrande, dan tengah melawan Western Sydney Wanderers di leg pertama perempat final Liga Champions Asia. Guangzhou kala itu kalah 0-1 dan dua pemainnya, Gao Lin dan Zhang Linpeng diberi kartu merah jelang laga berakhir.

Tak terima dengan keputusan itu, mantan pelatih Napoli, Juventus, dan Inter Milan tersebut langsung mendatangi lapangan pertandingan, melakukan protes kepada Abdulla. Lippi meminta penjelasan langsung kepada Abdulla, karena mengusir dua pemainnya.

"Kartu merah kedua saya tak melihatnya dengan sangat baik, yang kedua terjadi persis di depan saya, dan itu bukan merah. Anda mengenal saya dari Piala Dunia dan Liga Champions, saya tak seperti ini, saya pria berpendidikan," tegas Lippi kala itu.

 
"Saya tahu saya tak seharusnya masuk lapangan, tapi saya hanya ingin bertanya kepadanya untuk penjelasan dari keputusannya. Saya tak berbicara tentang Piala Dunia atau apapun, saya hanya ingin bertanya kepadanya untuk penjelasan," paparnya.

Momen itu jadi salah satu keputusan kontroversi Abdulla, yang sudah memimpin 55 laga internasional di level klub dan Timnas. Pria berusia 38 tahun tersebut telah memberikan 183 kartu kuning, 13 kartu merah, dan 11 penalti.

5