Piala AFF 2016

Mengakui Kegagalan, Meretas Jalan Menuju Prestasi Sepakbola Indonesia

Rabu, 21 Desember 2016 16:26 WIB
Editor: Rizky Pratama Putra
 Copyright:

Dua gol dari Shiroch Chatthong membuyarkan mimpi Indonesia untuk menjadi yang pertama di Piala AFF 2016. Berkat Chattong, Thailand mampu membalikan skor agregat menjadi 3-2 di akhir pertandingan.

Laga yang digelar di Stadion Rajamangala, Bangkok, Sabtu (17/12/16) ini pun bermuara pada dua kontradiksi sejarah. Thailand keluar sebagai pemenang untuk kali kelima sedangkan Indonesia kembali menenggak kegagalan kelima sepanjang sejarah 20 tahun berlangsungnya Piala AFF.

Kabar baik datang dari Tanah Air, kemudian. Para pendukung Indonesia mengawal semangat perjuangan para pemain dengan menyebut bahwa titik ini merupakan salah satu segi keberhasilan. Sejumlah kendala yang dialami saat pembentukan tim menjadi alasan.

Mulai dari kondisi organisasi yang tengah dalam pemulihan cedera serius. Hingga problem klasik soal perbedaan visi antara pelatih Timnas dengan operator kompetisi.

Waktu persiapan mepet, yang menjadi jualan khas dari pembenaran akan geliat suram prestasi menjadi bonus. Beruntung, persatuan dan semangat tarung ala Nusantara membungkus rapi kegelisahan akan menjauhnya sumur prestasi sepakbola nasional.

Lalu bagaimana nasib Timnas Indonesia pasca euforia Piala AFF 2016? Berikut hasil ulasan INDOSPORT;

1.3K