Kaleidoskop Sepakbola Nasional

Kaleidoskop Sepakbola Nasional Januari-Juni 2016: Awal Kebangkitan Sepakbola Indonesia

Jumat, 23 Desember 2016 07:36 WIB
Editor: Tengku Sufiyanto
© Yuhariyanto/INDOSPORT
Kaleidoskop sepakbola nasional Januari-Juni 2016. Copyright: © Yuhariyanto/INDOSPORT
Kaleidoskop sepakbola nasional Januari-Juni 2016.

Awan hitam masih menutupi dunia sepakbola Indonesia di awal tahun 2016. Bagaimana tidak? Konflik sepakbola nasional masih terus berlanjut.

Pembekuan Persatuan Sepakbola Seluruh Indonesia (PSSI) yang dilakukan Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora), Imam Nahrawi masih berlaku. Meskipun PSSI telah memenangkan gugatan di Pengadilan Tata Usaha Negara (PTUN),  Menpora bergemih ingin memajukan tata kelola sepakbola Indonesia yang baik.

Tak hanya itu, sanksi FIFA juga masih menyelimuti sepakbola Tanah Air. Indonesia tidak bisa berkiprah di dunia sepakbola internasional. Kegiatan sepakbola di Indonesia hanya dihiasi turnamen-turnamen. Kompetisi resmi belum bisa digulirkan. Para pelaku sepakbola seperti pemain dan pelatih kebingungan untuk mencari sesuap nasi demi melanjutkan hidup.
 


Suporter Timnas Indonesia.

Upaya-upaya terus dilakukan agar konflik sepakbola nasional segera berakkhir, sehingga sanksi FIFA dapat dicabut. Baik dari Tim Ad Hoc FIFA hingga Presiden RI Joko Widodo juga turut menjembatani agar konflik sepakbola nasional segera berakhir.

Perlahan tapi pasti, periode Januari hingga Juni 2016, sepakbola nasional menemukan titik cerah era kebangkitannya. Banyak peristiwa yang menandai sepakbola nasional akan segera bangkit dari keterpurukan.

INDOSPORT akan menyajikan peristiwa penting momen awal kebangkitan sepakbola nasional dalam tajuk 'Kaleidoskop Sepakbola Nasional Januari-Juni 2016'

314