Legenda Italia Puji Debut 'Bocah Ingusan'

Sabtu, 24 Desember 2016 00:18 WIB
Editor: Gerry Anugrah Putra
© pianetagenoa
Pietro Pellegri (Genoa) Copyright: © pianetagenoa
Pietro Pellegri (Genoa)

Pertandingan menyisakan dua menit lagi kala Genoa tengah tertinggal 1-0 dari tuan rumah Torino. Pelatih I Rossoblu, Ivan Juric, mempunyai dua pilihan striker di bangku cadangan untuk dimasukkan guna mengejar defisit satu gol dari Il Toro. 

Satu dari dua bomber tersebut bernama Riccardo Fiamozzi, penyerang bertinggi 178 cm yang sudah bermain pada empat laga Genoa di Serie A musim ini. Serta satu lagi, memiliki nama Pietro Pellegri, bocah ingusan yang baru berumur 15 tahun.

Alih-alih memasukkan Fiamozzi yang lebih berpengalaman, Juric malah memilih untuk memberikan debut Serie A bagi Pellegri di menit ke-88. Di usia yang baru menginjak 15 tahun lebih 280 hari, 'bocah ingusan' itu pun memasuki lapangan untuk menggantikan Tomas Rincon.

Itulah momen bersejarah bagi sang pemain. Ia kemudian dinobatkan sebagai pemain termuda yang bermain di ajang Serie A musim ini. Memecahkan rekor sebelumnya yang dipegang youngster Juventus, Moise Kean ketika melakoni debut pada umur 16 tahun lebih 9 bulan.

Walau hanya tampil sebentar, debut Pellegri langsung mendapat komentar dari legenda Tim Nasional (Timnas) Italia, Gianni Rivera. Legenda Gli Azzurri di era 1960-an itu memuji debut pemuda kelahiran 17 Maret 2001 itu.

"Selamat kepada anak itu (Pellegri). Kabar baik untuk sepakbola kami dan yang terpenting bahwa, kami harus terus percaya pada pemain muda kami," ucap pemain terbaik Eropa tahun 1969 itu seperti dilansir dari Football Italia.

"Jika ia (Pellegri) melakukan debut kemarin, itu berarti dia mempunyai kualitas. Hal tersebut tentu tidak terlalu dini dan mudah-mudahan kita bisa mulai fokus pada pengembangan pemain muda lagi," tutup pria berusia 73 tahun tersebut.

Penulis: Muhammad Adiyaksa

172