(VIDEO) Kontroversial, Kiper Menahan Bola dengan Tangan Dianggap Pelanggaran

Rabu, 28 Desember 2016 15:44 WIB
Penulis: Arie Kusnandar | Editor: Irfan Fikri
© GETTY IMAGES
Cuneyt Cakir Copyright: © GETTY IMAGES
Cuneyt Cakir

Tendangan penalti ini diberikan karena kiper dari Osmanlispor, Zydrunas Karcemarskas menghalau bola dengan tangannya di kotak penalti. Hal yang memang harus dilakukan sang kiper justru dianggap pelanggaran handsball yang berujung pada hukuman penalti untuk lawannya Rizespor.

Dalam video rekaman di bawah ini, sasit memberikan hadiah penalti setelah striker Rizespor mengangkat tangan yang menandakan adanya seorang yang melakukan handsball. Tanpa pikir panjang, Cakir langsung memberikan hadiah penalti kepada tim tuan rumah yang tentunya sangat merugikan tim tamu.

Namun sayang, hadiah kontroversial dari wasit ini gagal dimanfaatkan oleh Jakob Jantscher yang ditunjuk sebagai eksekutor penalti.

Kendati dirugikan oleh keputusan wasit, Osmanlispor justru yang akhirnya meraih kemenangan melalui gol telat, Musa Cagiran, yang juga melalui titik penalti.

Cuneyt Cakir terkenal sebagai wasit kontroversial. Ia kerap menjadi sorotan di kancah internasional, seperti saat ia mengusir keluar Mario Balotelli dan mengeluarkan 8 kartu kuning saat babak 32 besar Liga Europa antara Manchester City dan Dynamo Kiev pada 17 Maret 2011.  

Keputusan kontroversial lainnya adalah saat Cakir dipercaya memimpin laga 16 besar antara Man United dan Real Madrid 2013 silam.

Ia mengeluarkan kartu merah langsung untuk Nani di laga tersebut. Pemain Portugal itu dianggap melakukan pelanggaran kasar dengan mengangkat kakinya terlalu tinggi saat berebut bola dengan Alvaro Arbeloa.

Keputusan Cakir tersebut pun langsung mendapat respon keras dari pemain United dan juga manajer Sir Alex Ferguson pada waktu itu, yang sampai mencak-mencak di pinggir lapangan. Manchester United akhirnya tersingkir dari Liga Champions akibat keputusan kontroversial tersebut.

IDS Emoticon Suka
Suka
0%
IDS Emoticon Takjub
Takjub
0%
IDS Emoticon Lucu
Lucu
0%
IDS Emoticon Kaget
Kaget
0%
IDS Emoticon Aneh
Aneh
0%
IDS Emoticon Takut
Takut
0%
IDS Emoticon Sedih
Sedih
0%
IDS Emoticon Marah
Marah
0%