In Depth Sports

Kini Dikendalikan Kapten Tempur, Bagaimana Kabar Sepakbola di Kota Rafflesia?

Minggu, 1 Januari 2017 14:45 WIB
Editor: Galih Prasetyo
 Copyright:

Sepakbola Bengkulu yang beberapa tahun kebelakang jarang terdengar kabarnya, mendadak jadi sorotan. Bukan karena prestasi namun karena insiden memalukan yang dilakukan oleh pemain dari salah satu klub sepakbola di Bengkulu, PS Bengkulu Tengah (PS Benteng), Cholid Dalyanto bertindak kasar hingga memukul dan menginjak kepala wasit saat tim ini bermain di Liga Nusantara melawan Persiku Kudus pada November 2016 lalu. 

Kabar buruk tersebut sempat mereda. Jelang pergantian tahun 2016, angin segar tertiup bagi kondisi sepakbola Bengkulu. Bengkulu yang memiliki klub sepakbola bernama PS Bengkulu memiliki ketua umum pengurus cabang PSSI.

Pengcab PSSI kota Bengkulu seperti dilansir dari rbtv.co.id kini dipimpin oleh Kapten Inf Akhirudin. Danramil Selebar Bengkulu ini terpilih secara aklamasi dalam Musyawarah Cabang (Muscab) PSSI yang berlangsung di Bengkulu, 28 Desember 2016 lalu.

Terpilihnya Kapten Inf Akhirudin sebagai Ketua Umum Pengcab PSSI Bengkulu ini mendatangkan sejumlah perubahan. Wakil Ketua Asprov Bengkulu, Syamsurizal Idris seperti dilansir harianrakyatbengkulu.com mengatakan terpilihnya Kapten Akhirudin juga meresmikan PSSI Kota Bengkulu berubah nama menjadi Assosiasi PSSI Kota (Askot) Bengkulu, sesuai dengan nomenklatur yang telah ditentukan oleh PB PSSI.

“Jadi setelah ini nama PSSI Kota resmi menjadi Askot Bengkulu, dan ke depannya nama Muscab pun akan berganti menjadi Kongres Askot Bengkulu. Selamat kepada Ketua Umum Askot Bengkulu terpilih, semoga bisa memberikan harapan baru dalam memajukan sepakbola Kota Bengkulu,” kata Syamsurizal. 

Selain itu yang tidak kalah penting dengan terpilihnya Kapten Inf Akhirudin juga datangkan angin segar untuk perkembangan salah satu klub Bengkulu yang lain, PS Bengkulu, klub asli kota Raflesia yang pernah mencicipi gelar juara divisi satu Galatama pada 1992 silam. 

Dalam beberapa tahun terakhir, kondisi PS Bengkulu memang terbilang cukup memperhatinkan. Masalah klasik, soal dana jadi hal yang menghambat perkembangan sepakbola Bengkulu, PS Bengkulu khususnya. 

Meski terseok-seok karena kondisi dana, PS Bengkulu masih bertarung di Indonesia Soccer Championship (ISB) B. Sayang kiprah PS Bengkulu di ISC B hanya sampai di sampai di babak kualifikasi Grup 2. PS Bengkulu hanya mampu meraih 2 kali kemenangan, 3 kali imbang, dan 5 kali menelan kekalahan. 

Meski begitu semangat masyarakat pencinta sepakbola di Bengkulu tak pernah surut. Akar sepakbola diciptakan dari tingkatan junior, bibit sepakbola dari putra asli Bengkulu coba digulirkan. 

Berikut ulasan sepakbola Bengkulu utamanya PS Bengkulu serta visi misi dari Ketua Pengcab PSSI Bengkulu yang anyar, Kapten Inf Akhirudin: 

655