Ini Harapan Eks Kapten Timnas Indonesia untuk Pelatih Skuat Garuda

Minggu, 8 Januari 2017 17:32 WIB
Penulis: Zainal Hasan | Editor: Ramadhan
 Copyright:

Persatuan Sepakbola Seluruh Indonesia (PSSI) tengah sibuk mempersiapkan sosok pelatih anyar Timnas Indonesia.

Melalui Kongres Tahunan PSSI 2017 yang berlangsung di Hotel Aryaduta, Bandung, PSSI telah menetapkan beberapa nama kandidat untuk calon pelatih Timnas Senior Indonesia, U-22, U-19, dan U-15.

Namun, meski baru menghasilkan beberapa nama calon pelatih Timnas Indonesia, harapan justru sudah muncul dari mantan kapten Skuat Garuda, Firman Utina. Ya, Firman berbicara soal sosok calon pelatih Timnas Indonesia nantinya. 

"Pelatih Timnas Indonesia memang saya berharap orang Indonesia. Tapi kalaupun asing yang masuk kita berharap dapat membawa Timnas ke kancah yang lebih tinggi serta juara," ucap Firman Utina di Kongres Tahunan PSSI.

Firman Utina saat ikut dalam Parade Kapten Timnas Indonesia di Kongres Tahunan PSSI.

Namun meski begitu, Firman sadar bahwa untuk merengkuh gelar juara tidaklah instan. Untuk itu, dia berharap PSSI bisa memberikan kontrak jangka panjang kepada calon pelatih Timnas nantinya.

"Ya, tapi jangan instan juga, PSSI harus memberikan kontrak minimal 5 sampai 10 tahun, tapi dia (pelatih) dikasih target minimal berapa gelar," ujarnya.

"Sebab kalau cuma kontrak sebentar, dia pasti belum dapat berbuat apa-apa untuk Timnas Indonesia," beber pemain Sriwijaya FC ini.

"Pelatih baru nanti harus memperbaiki fundamental sepakbola Indonesia. Sekarang bagaimana berbicara juara kalau pembinaan usia dini saja tidak ada," tutup Firman.