Kongres PSSI

Nekat Masuk Area Kongres PSSI, Bonek Bisa Masuk Penjara

Minggu, 8 Januari 2017 15:30 WIB
Kontributor: Ginanjar | Editor: Ivan Reinhard Manurung
© Indosport/DaYerimon
Bonekmania, pendukung Persebaya Surabaya di Bandung, Jawa Barat. Copyright: © Indosport/DaYerimon
Bonekmania, pendukung Persebaya Surabaya di Bandung, Jawa Barat.

Kabid Humas Polda Jabar, Kombespol Yusri Yunus memastikan Kongres Tahunan PSSI yang digelar di Hotel Aryaduta Bandung, Minggu (08/01/17) dipastikan clear dari Bonekmania. Pasalnya suporter fanatik Persebaya Surabaya tersebut ditempatkan di satu titik yakni GOR Pajajaran Bandung.

Peraturan tersebut terpaksa dilakukan selain agar Kongres Tahunan PSSI berjalan dengan lancar, warga Kota Bandung pun masih merasa nyaman.

"Jadi Bonek tidak ada yang berkeliaran di Kota Bandung atau masuk ke Area Kongres. Kalau ada yang melanggar kita akan tindak pidana," tegas Yusri saat ditemui di GOR Pajajaran Bandung.


 Kombespol Yusri Yunus. 

Sejauh ini lanjut Yusri, proses peraturan yang diterapkan berjalan aman dan terkendali. Apalagi jumlah keamanan gabungan dari Polisi dan TNI mencapai ribuan personel.

"Sampai saat ini kondusif, Kongres juga berlangsung aman. Kami siapkan 1.048 personel untuk pengamanan Kongres dan 1.000 lebih di GOR Pajajaran. Sementara jumlah Bonek mencapai 2.000 lebih," katanya.

Rencananya , kata Yusri seluruh Bonek akan dipulangkan secara estafet. Yang jelas, seluruh kendaraan untuk mengantar kepulangan Bonek baik menggunakan bus atau kereta akan di gratiskan.

"Pemkot sudah siapkan transportasi bus dan kereta api. Semua disiapkan gratis. Termasuk makanan selama mereka (Bonek) berada di Bandung tiga hari ini," pungkasnya.

Bonek sendiri kini tengah merasa sukacita. Bagaimana tidak, perjuangan mereka selama ini akhirnya terjawab setelah PSSI akhirnya resmi memulihkan status Persebaya dan bisa tampil di Divisi Utama.

333