Aksi Terpuji Bonek di Bandung: Dari Bersih-bersih Sampah Sampai Bersikap Santun

Senin, 9 Januari 2017 16:36 WIB
Editor: Ramadhan
© Muhammad Ginanjar/INDOSPORT
Bonek Copyright: © Muhammad Ginanjar/INDOSPORT
Bonek

Tak hanya berjuang mengawal Persebaya Surabaya di Kongres Tahunan PSSI di Bandung, Bonek juga bersikap sangat dewasa selama tinggal di Kota Kembang, tepatnya di GOR Pajajaran. Sebagian besar Bonek menaruh hormat dengan menjaga fasilitas yang ada di Kota Bandung.

Sikap santun dan dewasa tersebut ditunjukkan Bonek saat berada di GOR Pajajaran. Bonek terlihat sangat bertanggung jawab dengan memungut sampah-sampah yang berserakan di dalam dan di luar GOR.

Sekitar 10 Bonek bergerak membersihkan sampah-sampah seperti botol plastik hingga bungkus rokok. Mereka membawa peralatan kebersihan berkeliling menyusuri halaman GOR mengumpulkan sampah untuk kemudian dimasukkan ke plastik sampah.

Salah satu Bonek yang ikut dalam tim yang mereka namakan "Pasukan Sapu Terbang" itu adalah Kintoko Adji. 

Sejumlah Bonek saat berada di Kota Bandung mengawal Kongres Tahunan PSSI.

Bonek asal Madiun yang kini tinggal di Bandung itu mengaku awalnya prihatin dengan menumpuknya sampah di GOR Pajajaran pada hari pertama kedatangan Bonek. Meski di sana ada petugas kebersihan, mereka tetap sukarela membersihkan.

“Memang betul ada tenaga kebersihan yang bertugas di situ. Namun jumlahnya tidak sebanding dengan banyaknya sampah yang dihasilkan," kata Kintoko Adji seperti diberitakan EmosiJiwaku.

"Ibarat kita tamu, tuan rumah sudah memberikan kita tempat untuk menginap, makan, minum bahkan sampai rokok, saat kita pulang, kita justru memberikan pekerjaan baru kepada tuan rumah berupa sampah,” tandasnya.

“Alangkah baiknya kita bisa memberikan kesan yang baik buat tuan rumah, sehingga mereka juga tidak kapok setiap kedatangan bonek,” harapnya.

Aksi bersih-bersih Bonek di GOR Pajajaran saat Kongres Tahunan PSSI di Bandung.

"Gak usah muluk-muluk dulu, cukup bisa buang sampah pada tempatnya dan tidak mengotori tempat orang lain saja sudah luar biasa,” ujarnya.

Setelah aksi bersih-bersih sampah tersebut, terlihat beberapa kantung plastik yang tersusun rapi di sejumlah titik pagar di GOR Pajajaran. Suasana sekitar pun tampak lebih bersih seperti semula.

Kehadiran Bonek mengawal Kongres Tahunan PSSI di Bandung memang akhirnnya tak sia-sia. Tim kebanggaan mereka, Persebaya Surabaya dipastikan akan kembali bermain di kancah sepakbola nasional, dalam hal ini tampil di Divisi Utama.

1.2K