Serie A Italia

5 Wilayah 'Asing' yang Kirim Pemainnya Berkiprah di Serie A Italia

Kamis, 12 Januari 2017 10:46 WIB
Editor: Galih Prasetyo
 Copyright:

Sejak digulirkan dengan format seperti saat ini pada 1929 silam, pentas Serie A Italia memiliki panggung tersendiri yang menarik banyak pesepakbola dari seluruh dunia. 

Jika Liga Primer Inggris kekinian sangat piawai mengemas pertandingan sepakbola mereka dengan perkembangan industri, Serie A Italia tetap mempertahankan daya tarik liga sepakbola mereka. 

Panggung Serie A Italia memang memiliki magnet tersendiri. Terlepas dari kondisi saat ini yang kalah pamor misalnya dengan Liga Primer Inggris, Serie A pada faktanya menarik pemain dari seluruh dunia. 

Bahkan dari sejumlah data pemain yang pernah berkiprah di Serie A Italia, pemain yang berasal dari 5 benua di dunia ini pernah bermain di sana. 

Minus negara di kawasan Asia Tenggara, benua Asia pernah kirimkan wakilnya untuk bermain di Serie A Italia. Nama Hidetoshi Nakata, Hiroshi Nanami, sampai Keisuke Honda ialah pemain Jepang yang bermain di Serie A Italia. 

Dari Korea Selatan tercatat ada nama Ahn Jung-hwan, pemain yang kemudian menjadi tokoh antagonis di sepakbola Italia pasca Piala Dunia 2002. 

Menariknya, panggung Serie A Italia juga menjadi tempat bagi sejumlah pemain yang berasal dari wilayah atau negara yang terdengar asing di telinga. 

Pernah mendengar nama wilayah Reunion? Wilayah yang berada di Samudra Hindia ini tercatat pernah mengirimkan pesepakbola terbaiknya bermain untuk klub Verona pada musim lalu. 

Berikut sejumlah negara atau wilayah 'asing' yang pernah mengirimkan pemainnya bermain di Serie A Italia untuk pembaca setia INDOSPORT: 

298