Liga Indonesia

Peraturan Baru PSSI Matikan Karier Pemain Senior

Kamis, 12 Januari 2017 08:13 WIB
Editor: Hendra Mujiraharja
 Copyright:

Tentu, rencana yang dikeluarkan PSSI tersebut mendapatkan tantangan keras dari sejumlah pemain senior, termasuk juga pria yang akrab disapa Made itu. Dia tentu berharap klub kompetisi kasta paling tinggi di Indonesia bernyali menolak rencana PSSI tersebut.

“Harapannya dari klub-klub menolak regulasi itu, kalau memang harus ada yang muda ya engga harus memutus yang senior. Tidak harus pembatasan umur karena sepakbola itu ga dilihat dari umur,” keluh kiper asal Bali itu, sebagaimana diberitakan Simamaung.
 

Kiper Persib Bandung, I Made Wirawan.

Andai regulasi itu bersifat mutlak dan wajib diikuti oleh setiap klub, penjaga gawang bernomor punggung 78 itu tak bisa berbuat banyak. Namun Made pun sangat berharap klub mau untuk mempejuangkan nasib pemain yang saat ini berada di ujung tanduk.

“Kalau itu mutlak terjadi, saya tidak ada persiapan seperti itu, cuma jalani aja kalau itu yang terjadi mau bilang apa. Cuma kita sebagai pemain berharap regulasi itu tidak disahkan oleh klub,” bebernya.

Menurutnya andai masih ada pemain yang lebih muda, persaingan menjadi lebih menarik jika setiap pemain ikut mengerahkan seluruh kemampuan terbaiknya.
 

I Made Wirawan ketika berlatih bersama Timnas Indonesia.

Karena di kompetisi luar negeri, pemain senior yang berusia lebih dari 35 masih banyak yang bisa bersaing memperebutkan posisi inti dalam tim.

Baginya untuk membuat regenerasi, federasi lebih baik untuk mematangkan pengembangan event usia dini di setiap jenjang umur.

“Pemain muda engga masalah, kalau emang kita mau banyak pemain muda, tapi tidak harus dibatasi pemain senior karena di mana-mana ga ada hal seperti itu. Kalau mau ada banyak pemain muda ya adakan kompetisi dari awal jenjang anak-anak supaya bisa lebih bagus,” tukasnya.

49