Cristian Gonzales Tolak Pembatasan Umur

Sabtu, 14 Januari 2017 19:36 WIB
Editor: Irfan Fikri
 Copyright:

Pada Kongres PSSI di Bandung belum lama ini, PSSI merancangkan regulasi pembatasan umur pada gelaran Indonesia Soccer League 2017, yaitu sebanyak 5 pemain muda di bawah usia 23 tahun mesti didaftarkan tim dalam kompetisi, serta pemain yang berusia 35 tahun ke atas akan dibatasi, yakni dua pemain per tim.

Bintang Arema Cristian Gonzales mengaku kecewa dengan keputusan ini. Pemain naturalisasi berusia 40 tahun ini menganggap kemampuan pemain di atas lapangan tak semata di ukur dari batas usia.

"Kalau pemain senior tidak usah dibatasi nantinya juga berhenti sendiri karena mereka tahu batasan apakah masih sanggup bermain lagi atau tidak. Kasihan pemain yang masih bagus di lapangan jika harus dipaksa berhenti," ucap Gonzales, seperti dikutip dari Wearemania.

Meski posisi pemain kelahiran Uruguay 30 Agustus 1976 cukup aman di Arema karena tim ini hanya punya satu pemain berusia lebih dari 35 tahun, namun aturan tersebut dianggap mematikan karier pemain.

"Keberadaan pemain senior di tim masih perlu karena bisa memberikan ilmu kepada pemain muda," tegasnya.

Sebelumnya, Wakil Ketua Umum PSSI, Iwan Budianto menegaskan bahwa keputusan PSSI membuat regulasi pembatasan umur pemain bukan tanpa alasan. Iwan menyebut PSSI ingin kedepannya banyak pelatih lokal.

"Semua dibuat bukan tanpa alasan, pasti ada alasan. Makanya teknis yang detail seperti itu tak bisa disampaikan di dalam kongres tapi disampaikan setelah kongres dengan mengumpulkan para klub-klub. Untuk alasan itu sudah disampaikan kepada mereka," ujar Iwan Budianto.

768