Masih Was-was, Irfan Bachdim Luapkan Uneg-uneg Soal Sepakbola Indonesia

Kamis, 19 Januari 2017 14:25 WIB
Editor: Ahmad Priobudiyono
© baliutd.com
Irfan Bachdim (depan) jalani sesi latihan bersama skuat Bali United. Copyright: © baliutd.com
Irfan Bachdim (depan) jalani sesi latihan bersama skuat Bali United.

Bachdim mulai merasakan atmosfer kompetisi sepakbola Indonesia bersama Persema Malang pada tahun 2010 hingga 2013, sebelum ia kembali melanglang buana berkarier bersama beberapa klub luar negeri, seperti Chonburi, Ventforet Kofu, dan Consadole Sapporo.

Pemain kelahiran Amsterdam, Belanda itu mengaku ada banyak hal yang ia rindukan dari sepakbola Indonesia. Salah satunya adalah gemuruh teriakan suporter yang selalu memantik semangatnya acap kali beraksi di atas lapangan.


Irfan Bachdim saat menjalani sesi latihan bersama Bali United.

"Ya, pastinya saya tidak sabar melihat bagaimana para fans bernyanyi dan beratraksi saat mendukung tim kesayangannya. Suatu hal yang tidak saya temukan ketika bermain di negara lain," ujar Bachdim seperti dikutip laman resmi Bali United.

Selain merindukan hal-hal yang tidak ia temui saat berkarier di luar negeri, Bachdim juga mengaku memiliki harapan besar terhadap kemajuan sepakbola Tanah Air. Oleh karenanya ia berharap tidak lagi menemui kendala layaknya saat dulu bermain untuk Persema.

"Saat itu memang kompetisi tidak berjalan sesuai dengan harapan semua pihak. Ada dualisme liga yang membuat para pemain menjadi kebingungan. Hal tersebut juga berimbas pada Tim Nasional. Namun saya percaya sepakbola Indonesia saat ini sudah jauh lebih baik," pungkasnya.

890