Dorong Pemain Senior Ikuti Jejak Bima Sakti, PSSI Siap Fasilitasi Urus Lisensi Pelatih

Senin, 30 Januari 2017 21:46 WIB
Penulis: Lanjar Wiratri | Editor: Rizky Pratama Putra
© Herry Ibrahim/INDOSPORT
Sudah kantongi lisensi pelatih, Bima Sakti mendapat tugas mendampingi Luis Milla sebagai asisten pelatih Timnas Indonesia. Copyright: © Herry Ibrahim/INDOSPORT
Sudah kantongi lisensi pelatih, Bima Sakti mendapat tugas mendampingi Luis Milla sebagai asisten pelatih Timnas Indonesia.

Hanif Thamrin, menyebut jika beberapa nama pemain senior yang berusia di atas 35 tahun telah diproyeksikan untuk mengikuti kursus kepelatihan untuk mendapat lisensi C AFC. Direktur Hubungan Internasional dan Media PSSI ini menyampaikan bahwa PSSI akan membantu proses pendaftaran bagi para pemain untuk memperoleh lisensi C AFC.

"Untuk nama sudah masuk, nanti mungkin akan ada rekomendasi lagi mungkin kerja sama dengan APPI juga, nanti saya yang mengajukan ke AFC. Kita welcome kalau mereka punya kapabilitas, Pak Edy sendiri prioritasnya lisensi C untuk mantan pemain," ujar Hanif.

PSSI resmi menunjuk Bima Sakti sebagai asisten pelatih Tim Nasional Indonesia.

Membantu para pemain senior untuk mendapatkan lisensi melatih menjadi salah satu cara PSSI agar karier para pemain senior dapat berlanjut sebagai pelatih. Salah satu mantan penggawa Timnas Indonesia, Bima Sakti, yang mengantongi lisensi pelatih B AFC bahkan kini dipercaya untuk menjadi asisten pelatih Timnas Indonesia, Luis Milla.

"Kalau Bima mengajukan untuk naik ke lisensi A AFC pasti langsung kita beri draft untuk didaftarkan ke AFC," tutup Hanif.

Pro kontra memang mewarnai rencana penetapan regulasi pembatasan usia untuk kompetisi Liga 1 Indonesia. Klub peserta hanya boleh mengontrak lima nama pemain yang berusia 35 tahun ke atas.

81