Liga Primer Inggris

Carroll: Kepergian Payet Membuat Ruang Ganti Lebih Harmonis

Selasa, 31 Januari 2017 13:56 WIB
Editor: Gregah Nurikhsani Estuning
© Reuters
Andy Carroll cetak gol istimewa ke gawang Crystal Palace. Copyright: © Reuters
Andy Carroll cetak gol istimewa ke gawang Crystal Palace.

Dari sisi teknis, The Hammers mungkin tidak bagus-bagus amat. Sebab, dari enam pertandingan terakhir, mereka hanya menang tiga kali dan tiga kali kalah.

Usai menang atas Swansea City dengan skor telak 4-1 di boxing day tanggal 26 Desember silam, anak asuh Slaven Bilic itu telan tiga kekalahan beruntun, masing-masing dari Leicester City, Manchester United, dan Manchester City.

Keadaan sempat tak membaik karena superstar mereka, Dimitri Payet, membuat masalah dengan enggan bermain lagi dan meminta manajemen West Ham untuk menjualnya. Beruntung, situasi tersebut perlahan menghilang seiring semangat juang Mark Noble cs.


Payet saat jalani tes di Marseille sebelum akhirnya resmi direkrut.

Melawan Crystal Palace dan Middlesbrough, tim London Timur itu meraup 6 poin berkat kemenangn 3-0 dan 3-1. Keadaan menjadi lebih baik lagi setelah Payet resmi meninggalkan West Ham untuk kemudian bergabung dengan Marseille.

Bagi Carroll, hengkangnya gelandang serang asal Prancis itu membuat motivasi para pemain kembali membuncah. Menurutnya, rekan-rekannya kini lebih kompak dan kondisi ruang ganti menjadi 'ceria'.

"Anda tahu? 5-6 pekan lalu, saya sudah mencium sesuatu yang tidak enak, ada yang salah. Tim ini terpecah belah menjadi kelompok-kelompok kecil, hasilnya kami bermain buruk. Kemudian kami mulai bersatu padu, sebelum kasus Dimi (Payet), dan kini hasilnya terlihat," kata eks striker Liverpool itu kepada ESPN.


Selebrasi Carroll usai cetak gol ke gawang Middlesbrough.

"Setelah dia (Payet) pergi, anak-anak semakin semangat latihan. Kondisi ruang ganti menjadi lebih ceria. Kami semua bersatu, saling bertatap-tatapan, lalu tersenyum dan tertawa," tambahnya.

Payet berhasil mencetak 12 gol dari 38 pertandingan sejak datang bulan Juni tahun 2015 kemarin. Carroll melihatnya sebagai sesuatu yang spesial, namun ia percaya bahwa West Ham masih memiliki banyak pemain berkualitas.

"Kami memiliki banyak pemain hebat. (Michel) Antonio menunjukkan kelasnya. Dia terus mencetak gol, pekerja keras, tak kalah hebat (dengan Payet)," pungkasnya.

217