Piala Afrika 2017

(CUPLIKAN GOL) Kamerun 2-0 Ghana: Les Lions Tantang Mesir di Final

Jumat, 3 Februari 2017 04:33 WIB
Editor: Hendra Mujiraharja
© Getty Images
Michael Ngadeu-Ngadjui melakukan selebrasi. Copyright: © Getty Images
Michael Ngadeu-Ngadjui melakukan selebrasi.

Jalannya Pertandingan

Tim besutan Hugo Bross berusaha menekan sejak menit awal. Menit ke delapan, Kamerun berhasil mendapatkan sebuah peluang untuk mencetak gol melalui Adolphe Teikeu. Namun, bola hasil sundulannya berhasil diblok oleh pemain Ghana.

Empat menit kemudian, giliran. Robert Ndip Tambe yang berhasil mengancam gawang Ghana. Namun, bola hasil tendangan kaki kiri yang dilepaskan penyerang Spartak Trnava itu masih bisa diselamatkan.

Ghana baru mendapatkan peluang untuk membuat gol melalui Jordan Ayew. Sayang, bola hasil sepakan penyerang Aston Villa itu masih melebar dari gawang Kamerun. Skor tanpa gol pun bertahan hingga pertandingan berakhir.

Pada babak kedua, giliran Ghana yang berusaha untuk menekan. Beberapa peluang pun berhasil diciptakan. Salah satunya melalui Christian Atsu. Tapi, bola dari tendangannya tidak mengenai sasaran.

Keasyikan menyerang, Kamerun justru berhasil mencetak gol melalui Michael Ngadeu-Ngadjui. Berawal dari sebuah tendangan bebas, kiper Ghana, Brimah gagal menangkap bola dengan sempurna. Ngadeu-Ngadjui berhasil memanfaatkanya dengan menjebol gawang Ghana.

Setelah gol itu, Ghana semakin bernafsu untuk mencetak gol penyama kedudukan. Namun, solidnya pertahanan kamerun membuat Ghana kesulitan menceploskan bola ke gawang Ondoa.

Akhirnya, Kamerun memastikan satu tiket ke babak final Piala Afrika. Lewat skema serangan balik, Bassogog membobol gawang Brimah di menit akhir pertandingan untuk mengubah skor menjadi 2-0.

Skor 2-0 bertahan hingga pertandingan berakhir. Kamerun akan menantang Mesir yang mendapatkan tiket ke final, setelah mengalahkan Burkina Faso.

Susunan Pemain

Kamerun: Ondoa; Fai, Ngadeu-Ngadjui, Taikeu, Oyongo; Djoum (Mandjeck 77), Siani, Moukandjo, Zoua, Bassogog; Tambe (Aboubakar 73).

Ghana: Brimah; Afful, Boye, Amartey, Acheampong; Mubarak, Acquah (Gyan 75), Atsu, Partey (Agmeyang-Badu), A. Ayew; J. Ayew.

237