(VIDEO) Tiru 'Sihir' Andrea Pirlo, Oscar Bantu Kiper Baca Arah Tendangan Penalti

Sabtu, 25 Februari 2017 02:18 WIB
Penulis: Panca Putra Pamungkas | Editor: Gerry Anugrah Putra
© Getty Images
Oscar kini jadi pemberitahu arah bola penalti. Copyright: © Getty Images
Oscar kini jadi pemberitahu arah bola penalti.

Pilihan untuk menerima pinangan klub Liga Super China, Shanghai SIPG menjadi pertaruhan bagi karier Oscar. Kritik banyak menyebutkan bahwa bakatnya bakal sia-sia di China. Namun, sejauh ini kritikan itu salah.

Gelandang asal Brasil itu kini berkembang menjadi ahli membaca gerakan tubuh. Setidaknya, hal tersebut ia buktikan saat membantu kiper timnya membaca arah tendangan penalti pemain lawan saat menjalani laga fase grup Liga Champions Asia, pada Selasa 21 Februari 2017 melawan FC Seoul.

Di Stadion Seoul, bakat baru itu, Oscar tunjukkan. Saat FC Seoul mendapat kesempatan mencetak gol melalui titik penalti, Oscar yang berdiri di belakang sang algojo, Dejan Damjanovic, memberitahu arah bola kepada penjaga gawang Shanghai SIPG, Junling Yan.

Benar saja, gesture gerakan tangan yang ditunjukkan Oscar bahwa bola akan ke arah kanan sang kiper, tepat dan mampu ditepis sehingga menggagalkan kesempatan penalti itu menjadi gol.

Walau tak mencetak gol, usaha mantan pemain Chelsea tersebut berhasil membantu Shanghai SIPG memastikan kemenangan 1-0 di markas lawan. Gol semata wayang dilaga itu dicetak oleh Hulk yang merupakan mantan pemain Zenit.

Sebelumnya, hal serupa juga pernah dilakukan oleh Andrea Pirlo di kompetisi Major League Soccer (MLS) kala New York City FC (NYCFC) bertanding melawan Chicago Fire bulan Maret 2016 silam.

Namun sayang, saat itu gawang NYCFC tetap kebobolan karena sang kiper bergerak berlawanan dari arah yang disarankan Pirlo.

3.3K