Georginio Wijnaldum, Seorang Gelandang yang Jago Kandang

Senin, 13 Maret 2017 13:52 WIB
Editor: Cosmas Bayu Agung Sadhewo
© Peter Byrne - PA Images/Getty Images
Georginio Wijnaldum kala mencetak gol ke gawang Burnley, kemarin malam. Copyright: © Peter Byrne - PA Images/Getty Images
Georginio Wijnaldum kala mencetak gol ke gawang Burnley, kemarin malam.

Liverpool kembali memetik kemenangan kala menjamu Burnley di Stadion Anfield. Dalam laga lanjutan Liga Primer Inggris pekan ke-28, anak asuh Jurgen Klopp berhasil mengalahkan The Clarets dengan skor 2-1.

Tertinggal lebih dulu melalui gol Ashley Barnes di menit 7, skuat The Reds berhasil membalikkan keadaan melalui gol Georginio Wijnaldum pada penghujung babak pertama, dan Emre Can pada menit 61.

Terdapat hal unik dalam pertandingan tersebut, di mana gol milik Wijnaldum pada penghujung babak pertama menjadikan dirinya sebagai seorang pesepakbola yang jago kandang. Pasalnya, dari total 16 gol yang telah ia cetak di Liga Primer Inggris, semuanya berada di kandang timnya.

Terhitung sejak tahun 2015 kedatangannya ke tanah Inggris dari PSV Eindhoven, gelandang Timnas Belanda itu telah membela dua klub sarat sejarah, yaitu Newcastle United dan Liverpool.

Total 11 gol yang ia cetak tercipta saat bermain di St James Park, kandang The Magpies. Sementara 6 gol lainnya tercipta kala membela Liverpool di Anfield. Dengan 16 gol dalam dua musim itu menandakan bahwa dirinya merupakan gelandang yang aktif dalam urusan mencetak gol.

Namun sayang, pemain yang diborong oleh Klopp dengan harga 27,5 juta euro atau sekitar Rp392,9 miliar itu melempem ketika bertandang ke kandang lawan, termasuk saat Liverpool mengalami kekalahan di empat laga tandang mereka di Liga Primer Inggris musim ini.