Reaksi Gelandang Timnas U-22 Terkait Rencana Uji Coba dengan Klub Bundesliga

Jumat, 31 Maret 2017 14:44 WIB
Penulis: Petrus Manus Da' Yerimon | Editor: Tengku Sufiyanto
© Herry Ibrahim/INDOSPORT
Seluruh pemain Timnas U-22 mendapat arahan dari tim pelatih sebelum memulai babak kedua internal games. Copyright: © Herry Ibrahim/INDOSPORT
Seluruh pemain Timnas U-22 mendapat arahan dari tim pelatih sebelum memulai babak kedua internal games.

Tim Nasional (Timnas) Indonesia U-22 hingga saat ini masih berstatus peserta cadangan untuk ajang Islamic Solidarity Games (ISG) 2017 di Azerbaijan pada 12-22 Mei 2017 mendatang. Terkait hal tersebut, Persatuan Sepakbola Seluruh Indonesia (PSSI) mengambil langkah antisipasi dengan berencana menggelar agenda uji coba lainnya sebagai pengganti, jika kenyataannya Evan Dimas dkk tidak jadi berangkat ke ISG 2017.

Sekjen PSSI, Ade Wellington menjelaskan, Timnas U-22 sudah mendapat tawaran uji coba dengan sejumlah tim. Klub Bundesliga, Hertha Berlin dan Argentina disebut menjadi salah satu kandidat. Namun belum diketahui secara jelas Timnas Argentina atau Hertha Berlin level mana yang bakal menjadi lawan uji coba Timnas U-22. 

"Ada seperti sparring sekarang open dengan Argentina, lalu Herta Berlin, ini sudah kami siapin, banyak undangan, tapi kami sortir dahulu," kata Sekjen PSSI, Ade Wellington.

"Tentunya harus ada (uji coba), karena pada Juli ada Asia Cup U-23 dan di Juni ada kegiatan yang kami harus lakukan," kata Ade.

image article indosportLatihan Timnas Indonesia U-22.

Kabar uji coba dengan Argentina maupun Hertha Berlin disambut positif oleh salah satu gelandang jangkar Timnas U-22, Paulo Oktavianus Sitanggang. Pemain Barito Putera itu menyatakan tidak masalah jika Skuat Garuda tidak bertanding di ISG 2017, asal ada laga uji coba sebagai persiapan menuju kualifikasi Piala Asia U-23 pada Juli dan SEA Games 2017 di akhir Agustus nanti.  

"Iya kalaupun mungkin tidak ikut ISG, saya yakin pasti tim pelatih juga mencari lawan buat uji coba sebagai persiapn. Saya pribadi siap menjalani apapun keputusannya (laga uji coba lawan Argentina dan Hertha Berlin)," ujarnya.

Sejatinya Timnas Indonesia U-22 akan mengikuti ajang ISG 2017 usai melakukan pemusatan latihan di Spanyol pada 15 April nanti. Namun, peluang untuk bermain di ISG 2017 belum terlihat besar, karena panitia Azerbaijan Islamic Solidarity Games Operations Committee (AISGOC) telah merilis daftar delapan peserta, dimana nama Indonesia tidak dicantumkan.