Kartini di Arena Olahraga

Ratna Mustika, Kartini-nya Pesepakbola Asing di Indonesia

Jumat, 21 April 2017 08:25 WIB
Penulis: Muhammad Adiyaksa | Editor: Rizky Pratama Putra
© PERSIJA
Boakay Eddie Foday merupakan pemain asing pertama yang diageni dr. Tika. Copyright: © PERSIJA
Boakay Eddie Foday merupakan pemain asing pertama yang diageni dr. Tika.
Kisah awal menjadi agen pemain sepakbola

Dokter Tika masih ingat betul ketika sewaktu pertama kali memilih terjun sebagai agen pemain asing pesepakbola. Bermula ketika dirinya terlanjur ‘bosan’ dengan pekerjaan sebagai dokter yang membuatnya sulit untuk berpergian.

“Jadi agen pemain sepakbola sejak 2005, saya suka challenge. Saya orangnya pantang mundur. Saya berusaha maksimal sampai saya tidak bisa. Tahun 2005 juga menjadi awalan saya menjual pemain di Indonesia. Tahun kedua atau 2006, saya mulai menjual pemain di luar negeri. Hingga sekarang, lebih dari 100 pemain yang saya jual,” kata dr. Tika.

Ketika ditanyai soal pemain asing pertamanya yang dibawa ke Indonesia, dr. Tika dengan semangat menceritakan terkait hal itu. Kata pertama yang diucapkannya adalah: Edie!

“Pemain pertama yang saya bawa ke Indonesia itu Boakay Edie Foday. Dia pertama kali main di Indonesia, dan dia juga menjadi pemain pertama saya sebagai agen,” seloroh dr. Tika.

Foday merupakan salah satu legiun asing yang namanya cukup harum di kancah persepakbolaan nasional. Mengawali karier sepakbola di Tanah Air bersama Persiwa Wamena, Foday juga pernah memperkuat tim besar mulai dari Persija Jakarta hingga Persipura Jayapura.

IDS Emoticon Suka
Suka
0%
IDS Emoticon Takjub
Takjub
0%
IDS Emoticon Lucu
Lucu
0%
IDS Emoticon Kaget
Kaget
0%
IDS Emoticon Aneh
Aneh
0%
IDS Emoticon Takut
Takut
0%
IDS Emoticon Sedih
Sedih
0%
IDS Emoticon Marah
Marah
0%