Man United Bisa Buat Liga Inggris Kirim 5 Wakil di Liga Champions

Senin, 24 April 2017 15:06 WIB
Editor: Gregah Nurikhsani Estuning
© playbuzz
Caption Copyright: © playbuzz
Caption

Dalam peraturan terbaru, UEFA hanya memperbolehkan maksimal 7 tim di kompetisi antar klub Eropa (3 Liga Europa dan 4 Liga Champions). Namun segala kriteria masih bisa berubah tergantung dari apa yang terjadi di akhir musim.

Liga Champions misalnya, menurut aturan dari UEFA, memberikan jatah empat tiket. Mereka adalah tiga tim teratas Liga Primer Inggris dan satu tim di posisi ke-4, tapi melalui babak play-off terlebih dahulu.

Sementara di Liga Europa, UEFA memberikan jatah kepada tiga tim Liga Inggris. Kriteria-kriteria khusus yang wajib dipenuhi di antaranya yakni:

  • Peringkat ke-5 klasemen akhir Liga Inggris (langsung ke babak grup).
  • Pemenang Piala FA (langsung ke babak grup).
  • Pemenang Piala Liga (kualifikasi ronde 3).

Jika pemenang Piala FA duduk di klasemen 5 besar, maka jatah tersebut otomatis akan diserahkan kepada tim dengan peringkat terbaik di bawahnya. Pun dengan pemenang Piala Liga, aturan serupa juga berlaku.

UEFA, seperti diketahui, memberikan keistimewaan kepada jawara Liga Europa untuk mendapatkan tiket ke Liga Champions. Melihat Manchester United melaju ke babak semifinal, ada peluang bagi anak asuh Jose Mourinho itu menjuarai kompetisi kasta kedua antar klub Eropa tersebut.

Jika menang, Liga Inggris bisa mengirimkan lima wakil ke Liga Champions. Namun tetap ada ketentuan dan syarat yang berlaku, yakni sebagai berikut:

  • Manchester United menjuarai Liga Europa.
  • Manchester United terlempar dari posisi empat besar posisi akhir klasemen liga (Man United dan peringkat 4 klasemen akhir liga lewat jalur play-off dan kualifikasi).
2.6K