Serie A Italia

(CUPLIKAN GOL) Roma 1-3 Lazio: Si Elang Terbang Tinggi

Minggu, 30 April 2017 19:35 WIB
Editor: Rendy Gusti
© @OfficialSSLazio
Roma vs Lazio. Copyright: © @OfficialSSLazio
Roma vs Lazio.

Babak Pertama

Derby della Capitale kembali tersaji dalam pekan ke-34 Serie A Italia di Stadio Olimpico. Baik AS Roma maupun Lazio sama-sama mencari 3 poin demi mengamankan posisi mereka di tabel klasemen sementara Serie A italia.

Memulai laga, kedua tim sudah memperlihatkan agresivitas tinggi. Lazio mendapatkan peluang lebih dahulu di menit pertama, sayang Balde Keita lebih dahulu berada dalam posisi offside. Tak sampai 2 menit, giliran AS Roma yang mencoba melakukan penyerangan melalui Edin Dzeko.

Ketika laga memasuki menit ke-12 Biancocelesti berhasil mencetak gol melalui Balde Keita setelah menerima umpan dari Sergej Milinkovic-Savic. Striker berusia 22 tahun itu berhasil membobol gawang Wojciech Szczesny melalui sepakan kaki kirinya, 1-0 untuk Lazio.

Tertinggal 1 gol membuat Edin Dzeko dan kawan-kawan mencoba mencari celah untuk bisa menembus pertahanan Si Elang. Namun, hingga waktu laga menunjukkan menit ke-30, Serigala Ibu Kota belum bisa mendapatkan gol penyeimbang.

Laga terbilang berjalan cukup keras, pasalnya 3 pemain AS Roma sudah mendapatkan perawatan dari tim medis hingga menit ke-35.

AS Roma masih mencoba membombardir lini pertahanan Lazio yang dikawal oleh Bastos, Stefan de Vrij, dan juga Wallace. Namun usaha Radja Nainggolan untuk memberikan umpan-umpan matang ke dalam kotak penalti lawan tak kunjung disambut rekan-rekannya.

Menjelang akhir-akhir laga AS Roma mendapatkan penalti setelah Strootman terlihat dijatuhkan oleh Wallace. Daniele De Rossi yang ditugaskan sebagai algojo tak menyia-nyiakan kesempatan tersebut dan mampu mencetak gol ke gawang Strakosha. Skor imbang 1-1 menjelang akhir babak pertama.

Tambahan waktu 3 menit yang diberikan wasit asal Italia, Daniele Orsato tak mampu dimaksimalkan kedua tim untuk mencetak gol tambahan.

Babak Kedua

Memasuki babak kedua, AS Roma langsung mengancam gawang Strakosha melalui Edin Dzeko. Berawal dari tusukan Mohamed Salah di sisi kanan lapangan, mantan pemain Chelsea itu berhasil memberikan umpan matang kepada Dzeko. Sayang, Strakosha masih sigap menghalau tembakan striker berusia 31 tahun itu.

Bukannya menambah gol, tim tuan rumah justru kembali kebobolan oleh Lazio di menit ke-50. Kali ini giliran Dusan Basta yang mencatatkan namanya di papan skor. Mendapat bola di tengah lapangan, bek sayap berusia 32 tahun itu melesakkan sepakan kaki kiri keras dari luar kotak penalti yang menghujam gawang Szczesny.

Memasuki menit ke-59, Balde Keita nyaris menggandakan raihan golnya setelah mendapatkan peluang emas di depan gawang. Sayang tembakan striker berusia 22 tahun itu melayang tinggi di atas mistar gawang.

Gawang Giallorossi kembali mendapatkan ancaman dari pemain Lazio. Felipe Anderson yang berhasil menembus pertahanan lawan mencoba melakukan tembakan keras yang berhasil dihalau oleh kiper Roma. Biancocelesti masih unggul 2-1 atas Roma di menit ke-65.

Melalui skema serangan balik, Lazio berhasil menambah keunggulannya di menit ke-85. Felipe Anderson dengan cermat berhasil memberikan umpan terobosan kepada Senad Lulic. Pesepakbola berusia 31 tahun itu tanpa ragu membawa bola seorang diri ke jantung pertahanan Roma.

Lulic kemudian memberikan umpan kepada Balde Keita yang berdiri bebas di depan gawang lawan. Pesepakbola asal Senegal itu dengan mudah menceploskan bola ke dalam gawang Szczesny untuk kedua kalinya. 3-1 untuk Lazio atas AS Roma.

Di akhir-akhir laga, Antonio Rudiger harus diusir oleh wasit setelah melakukan tekel keras kepada Djordjevic. Setelah kartu tersebut, wasit Daniele Orsato meniup peluit panjang, dan Lazio berhasil memenangkan laga Derby della Capitale atas AS Roma dengan skor 3-1.

Berikut adalah susunan pemain laga AS Roma vs Lazio pekan ke-34 Serie A Italia di Stadio Olimpico.

AS Roma
Szczesny, Rudiger, Manolas, Fazio (Perotti 64'), Emerson, De Rossi (Totti 72'), Strootman, Salah, Nainggolan, El Shaarawy (Peres 46'), Dzeko
Cadangan: Jesus, Paredes, Grenier, Perotti, Totti, Peres, Vermaelen, Lobont, Alisson, Mario Rui, Gerson
Pelatih: Luciano Spalletti

Lazio
Strakosha, Bastos, de Vrij (Hoedt 73'), Wallace, Basta, Parolo, Biglia, Milinkovic, Lulic, Lukaku (Anderson 43'), Keita (Djordjevic 87')
Cadangan: Vargic, Adamonis, Patric, Hoedt, Radu, Immobile, Murgia, Crecco, Luis Alberto, Felipe Anderson, Lombardi, Djordjevic
Pelatih: Simone Inzaghi

621