Transplantasi Ginjal Sukses, Cole Merasa Enakan

Sabtu, 6 Mei 2017 03:13 WIB
Editor: Gregah Nurikhsani Estuning
© Mark Fredesjed R. Cristino/Pacific Press/LightRocket via Getty Images
Cole saat ambil bagian di laga eksibisi di Manila, Filipina. Copyright: © Mark Fredesjed R. Cristino/Pacific Press/LightRocket via Getty Images
Cole saat ambil bagian di laga eksibisi di Manila, Filipina.

Legenda Manchester United, Andrew Cole, sukses jalani operasi transplantasi ginjal. Kini ia mengaku merasa enakan dan lebih kuat dari sebelumnya.

Pria berusia 45 tahun yang juga pernah berseragam Newcastle United dan Blackburn Rovers sepanjang kariernya itu menjalani operasi di Manchester Royal Infirmary bulan lalu. Ia terpaksa melakukan transplantasi ginjal karena mengalami kondisi kesehatan bernama focal segmental glomerulosclerosis.

"Sudah empat pekan pasca operasi. Saya ingin ucapkan terima kasih atas dukungan tanpa henti selama ini. Perkembangannya lambat, tapi saya merasa lebih kuat," tulis Cole di akun Twitter pribadinya.

Cole mengalami gagal ginjal pada Juni 2014 silam. Penyakit itu didapatnya karena virus di udara terkontraksi di tubuhnya, yang membuat berat badannya mengalami penurunan drastis.

Pasangan duet Dwight Yorke itu berhasil memberikan banyak gelar kepada Manchester United, di mana 121 gol ia bukukan, lima trofi Liga Inggris, dan Liga Champions tahun 1999 sanggup ia catatkan di sepanjang kariernya di Old Trafford.

918