Liga Europa

MU Juara Liga Europa, 5 Wakil Inggris ke Liga Champions

Kamis, 25 Mei 2017 13:16 WIB
Editor: Ramadhan
© Amin Mohammad Jamali/Getty Images
Pelatih Man United, Jose Mourinho, tengah memeluk trofi Liga Europa musim 2016/17. Copyright: © Amin Mohammad Jamali/Getty Images
Pelatih Man United, Jose Mourinho, tengah memeluk trofi Liga Europa musim 2016/17.

Manchester United baru saja berhasil memastikan diri sebagai jawara Liga Europa musim 2016/17. Tim asuhan Jose Mourinho mengalahkan Ajax Amsterdam dengan skor 2-0 pada laga yang berlangsung di Friends Arena, Stockholm, Swedia, Kamis (25/05/17) dini hari WIB.

Dua gol The Red Devils berhasil dicetak oleh Paul Pogba di menit ke-18 usai memanfaatkan assist Marouane Fellaini dan gol dari Henrikh Mkhitaryan di menit ke-48 babak kedua setelah memaksimalkan umpan sundulan Chris Smalling dari situasi sepak pojok.

Setelah memastikan diri sebagai juara Liga Europa, United pun otomatis langsung lolos ke pentas Liga Champions musim 2017/18 nanti. Itu artinya, Liga Primer Inggris akan mengirimkan total lima wakil di kompetisi kasta tertinggi Benua Biru itu.

Tim-tim Inggris yang akan berjuang di Liga Champions musim 2017/18 nanti adalah Chelsea, Tottenham Hotspur, Manchester City, Liverpool, dan Manchester United. Rinciannya, United akan masuk fase grup, sedangkan Liverpool harus menjalani kualifikasi.

© Ian MacNicol/Getty Images
Aksi selebrasi tim Manchester United usai memenangkan pertandingan sebagai juara Liag Europa musim 2016/17. Copyright: Ian MacNicol/Getty ImagesAksi selebrasi tim Manchester United usai memenangkan pertandingan sebagai juara Liag Europa musim 2016/17.

Seperti yang dimuat laman resmi UEFA, United berhasil langsung ke fase grup karena faktor Juventus dan Real Madrid, yang keduanya merupakan finalis Liga Champions 2016/17.

Berdasarkan regulasi UEFA, tim yang menjuarai Liga Europa harusnya memang hanya mendapatkan tiket fase play-off ke Liga Champions. Namun, karena juara Liga Champions musim ini (yang akan diperebutkan Madrid dan Juventus), sudah memastikan tiket grup sebagai juara liga masing-masing, maka jatah tiket lolos ke fase grup pun otomatis diraih United.

Dengan begitu, United pun berhasil mendapatkan tambahan poin koefisien UEFA setelah meraih gelar juara Liga Europa. Di Liga Champions nanti, tim asuhan Jose Mourinho akan berada di Pot 2 dalam pengundian, bersama Barcelona, Atletico Madrid, Paris Saint-Germain, Borussia Dortmund, City, Porto, dan Sevilla kalau lolos dari kualifikasi.

Berhasilnya United lolos ke Liga Champions membuat Inggris hanya akan mengirimkan dua wakilnya di Liga Europa 2017/18. Dua tim tersebut adalah Arsenal yang finis kelima di Liga Primer Inggris dan akan langsung ke fase grup, lalu Everton yang finis ketujuh akan menjalani kualifikasi ketiga.

IDS Emoticon Suka
Suka
100%
IDS Emoticon Takjub
Takjub
0%
IDS Emoticon Lucu
Lucu
0%
IDS Emoticon Kaget
Kaget
0%
IDS Emoticon Aneh
Aneh
0%
IDS Emoticon Takut
Takut
0%
IDS Emoticon Sedih
Sedih
0%
IDS Emoticon Marah
Marah
0%