Liga 1

Tanduk Pemain PSM, Marinus Maryanto Dilarang Main Lima Laga

Kamis, 8 Juni 2017 07:40 WIB
Editor: Tengku Sufiyanto
© Ratno Prasetyo/INDOSPORT
Ilustrasi PSSI. Copyright: © Ratno Prasetyo/INDOSPORT
Ilustrasi PSSI.

Komisi Disiplin (Komdis) Persatuan Sepakbola Seluruh Indonesia (PSSI) mengeluarkan keputusan hukuman terhadap klub-klub dan individu yang melakukan pelanggaran-pelanggaran di pekan ke-9 Gojek Traveloka Liga 1, dan beberapa kasus di Liga 2. Keputusan tersebut diambil usai Komdis PSSI menggelar sidang.

© Ian Setiawan/INDOSPORT
Marinus saat berebut bola dengan Iqbal Samad. Copyright: Ian Setiawan/INDOSPORTMarinus Maryanto (kanan) saat berebut bola dengan Iqbal Samad.

Salah satu keputusan yang diambil adalah memberikan hukuman kepada pemain Persipura Jayapura, Marinus Maryanto  Wanewar dengan larangan bermain di lima laga. Pasalnya, Marinus Maryanto menanduk kepala pemain PSM Makassar, Reva Adi Utama saat Persipura takluk 1-5 dari tim Juku Eja di Stadion Andi Mattalatta, Makassar, 3 Juni 2017.

Baca Juga:

Tak hanya itu, Komdis PSSI juga memberikan hukuman kepada kiper Kalteng Putra, Galih Sudaryono yang terbukti menendang pemain PS. Mojokerto Putra. Galih mendapat hukuman berupa denda sebesar  Rp10 juta.

© Ian Setiawan/INDOSPORT
Selebrasi gol Marinus Maryanto usai menjebol gawang Persiba Balikpapan. Copyright: Ian Setiawan/INDOSPORTSelebrasi gol Marinus Maryanto usai menjebol gawang Persiba Balikpapan.

Berikut hasil keputusan Komdis PSSI, Rabu (07/06/17):

1. Panitia Pelaksana Pertandingan Persija Jakarta dikenakan sanksi denda Rp20 juta, dan ganti rugi atas kerusakan mobil SNG dari stasiun TV pemilik hak siar Liga Indonesia  karena supporter Persija melakukan pelemparan yang mengakibatkan rusaknya mobil SNG dan menyalakan flare pada pertandingan Persija Jakarta melawan Arema FC.

2. Panitia Pelaksana Pertandingan Persegres Gresik United dikenakan sansi berupa larangan bermain tanpa penonton pada pertandingan Persegres Gresik United melawan Persija Jakarta, tanggal 1 Juli 2017 dan denda Rp20 juta karena terbukti menyalakan mercon, masuk ke dalam lapangan pertandingan dan membakar a-board pada pertandingan Persegres Gresik United melawan Persela Lamongan. Panpel Persegres juga ganti rugi atas kerusakan a-board. 

© twitter.com/psm_makassar
PSM Makassar vs Persipura. Copyright: twitter.com/psm_makassarPSM Makassar vs Persipura Jayapura.

3. Pemain Persipura Jayapura Sdr. Marinus Wanewar dikenakan sanksi larangan bermain sebanyak 5 kali 1 (satu) kali karena mendapat Kartu Merah dan 4 (empat) kali sanksi tambahan) dan denda Rp10 juta karena terbukti dengan sengaja mendatangi dan menanduk pemain PSM Makassar Sdr. Reva Adi Utama pada pertandingan PSM Makassar melawan Persipura Jayapura.

4. Pemain Kalteng Putra Sdr. Galih Sudaryono dikenakan sanksi larangan bermain sebanyak 6 (enam) kali dan denda Rp10 juta karena terbukti dengan sengaja menendang pemain PS. Mojokerto Putra pada pertandingan Kalteng Putra melawan PS. Mojokerto Putra.

702