Liga 2

Terpuruk di Dasar Klasemen, Persikabo Berharap Tuah Pelatih Asal Malaysia

Selasa, 27 Juni 2017 11:19 WIB
Penulis: Petrus Manus Da' Yerimon | Editor: Ivan Reinhard Manurung
© Ian Setiawan/Indosport
Raja Isa resmi menjadi pelatih Persikabo. Copyright: © Ian Setiawan/Indosport
Raja Isa resmi menjadi pelatih Persikabo.

Manajemen Persikabo bergerak cepat untuk membenahi tim setelah hasil buruk yang diraih selama putaran pertama Liga 2. Tim asal Kabupaten Bogor, Jawa Barat itu kemudian menunjuk pelatih asal Malaysia, Raja Isa. Ia diberi misi untuk mengangkat performa Persikabo agar tidak terdegradasi ke Liga 3 musim depan.

Penunjukan Raja Isa bukan tanpa alasan. Pasalnya, saat ini Persikabo berada di dasar klasemen grup 2 di Liga 2. Pengalaman Raja Isa yang pernah dan lama melatih klub Indonesia diharapkan bisa menyelamatkan tim berjuluk Laskar Padjajaran dari jeratan degradasi.

Raja Isa menyatakan merasa tertantang untuk melatih Persikabo meski tim itu sedang dalam masa krisis. Hubungan dekatnya dengan CEO Persikabo juga membuat pelatih asal Malaysia itu mau menerima pekerjaan yang tergpolong berat.

Baca Juga

"Ini menjadi satu tantangan berat untuk saya agar bisa memutar otak mengembalikan keterpurukan Persikabo menjadi lebih baik lagi," ujar Raja Isa seperti dilansir dari Inilah.

"Yang pertama, ini menjadi bagian dari skripsi saya dalam kursus kepelatihan AFC Pro di Vietnam. Insya Allah selesai 22 Desember 2017 mendatang," sambungnya.

 

Review pertemuan Manajemen dengan suporter PERSIKABO... 1. PERSIKABO masih di bawah kepengelolaan PT. Aksikom dengan perombakan manajerial tim sehubungan dengan datangnya investor baru. 2. Manajemen menunjuk Raja Isa sebagai pelatih kepala tim PERSIKABO 3. Sisa laga putaran pertama PERSIKABO masih memberdayakan skuad yang ada, akan ada evaluasi dari pelatih untuk seluruh pemain dan akan mendatangkan sejumlah pemain untuk menunjang taktik & strategi pelatih di putaran kedua. Masalah komposisi pemain otoritas sepenuhnya ada di tangan pelatih Raja Isa. 4. Home base PERSIKABO akan di pindahkan ke stadion PERSIKABO (mini) karena pelatih menginginkan atmosfer yang lebih "panas" dari suporter. Keputusan ini tidak ada kaitannya dengan perizinan stadion Pakansari. Ayo kita pulang ke "rumah" dan terror setiap lawan. 5. Biarkan tim bekerja, masalah dukungan serahkan kepada suporter...!!!! Mari kita dukung dan kawal terus kebanggaan ini...!!! Semoga bukan PeHaPe jilid II #BogorJugaBisa #PERSIKABO #UPCS #SuportYourLocalTim #Liga2

A post shared by ULTRAS PERSIKABO CURVA SUD (@upcs09) on

"Selain itu, CEO Affendi Shahputra adalah teman saya yang bertekad melakukan perubahan dan menyelematkan Persikabo dari keterpurukan," imbuhnya.

Raja Isa memang bukan sosok asing di sepakbola Indonesia. Pelatih berusia 51 tahun pernah menangani beberapa klub Tanah Air seperti PSM Makassar, Persipura Jayapura, Persiram Raja Ampat, PSMS Medan, dan Persijap Jepara.

© INDOSPORT/Ian Setiawan
Pelatih Persekam Metro FC, Raja Isa bin Akram Shah. Copyright: INDOSPORT/Ian SetiawanRaja Isa sempat ditunjuk menjadi pelatih Persekam Metro FC

Sebelum bergabung dengan Persikabo, Raja Isa juga pernah ditawari melatih klub Liga 3, Persekam Metro FC. Meski sudah diperkenalkan secara resmi, ia akhirnya batal melatih karena ada persoalan internal yang dialami Persekam Metro FC.

Selain itu, Raja Isa saat ini juga dikabarkan masih menjabat sebagai konsultan dan direktur teknik klub Liga 3, DPFF Malang United. Namun, jabatan itu tidak dilepasnya lantaran manajemen Malang United tidak bermasalah saat Raja Isa diminta melatih Persikabo. Dengan demikian Raja Isa dipastikan memiliki pekerjaan ganda di musim ini.

IDS Emoticon Suka
Suka
0%
IDS Emoticon Takjub
Takjub
0%
IDS Emoticon Lucu
Lucu
0%
IDS Emoticon Kaget
Kaget
0%
IDS Emoticon Aneh
Aneh
0%
IDS Emoticon Takut
Takut
0%
IDS Emoticon Sedih
Sedih
33%
IDS Emoticon Marah
Marah
67%