4 Pemain 'From Hero to Zero' yang Jadi Korban Klub Besar

Rabu, 19 Juli 2017 19:05 WIB
Penulis: Frederica | Editor: Yohanes Ishak
© Indosport
Alexandre Pato saat membela AC Milan. Copyright: © Indosport
Alexandre Pato saat membela AC Milan.
Alexandre Pato (Mantan Pemain AC Milan)

Nama Alexandre Pato dikenal masyarakat luas ketika dirinya membela AC Milan pada 2007 hingga 2013 silam. Kala itu, Pato dibeli dari Internacional, klub asal Serie B atau Divisi Dua Liga Brasil dengan mahar 22 juta euro (Rp337 miliar).

Tergabung bersama klub Milan dan merasakan arahan dari tiga pelatih yang berbeda, yaitu Carlo Ancelotti, Leonardo, dan Massimiliano Allegri bisa dikatakan sebagai musim terbaik di sepanjang karier persepakbolaannya.

Selama 6 tahun membela klub yang bermarkas di San Siro Stadium itu, Pato telah mencatatkan torehan 63 gol dan 18 assists dari total 150 laga yang diikuti. Sayangnya, langkah yang diambil dirinya untuk hengkang membuat kariernya tidak berkembang dengan cemerlang.

"Presiden AC Milan, Silvio Berlusconi sudah dua kali berusaha menghentikan saya untuk pergi. Pertama pada Januari 2012 lalu, yang mana saya batal bergabung dengan PSG. Ia mengungkapkan kepada saya 'kamu tidak akan pergi karena kamu adalah simbol dari klub'. Oleh sebab itu, saya pun menghormati permintaannya dengan menetap bersama AC Milan," jelasnya diberitakan ESPN (26/06/17).

© Indosport
Alexandre Pato saat membela AC Milan. Copyright: IndosportAlexandre Pato saat membela AC Milan.

Namun, keadaan fisiknya yang terbilang lemah karena sering mengalami cedera membuat Pato semakin sulit untuk bersinar. Bermula pada 2011 lalu ketika ia harus dibekap cedera yang mengakibatkan dirinya hanya bermain dalam 25 laga pertandingan di dua musim.

"Saya terus-menerus mengalami masalah pada fisik. Untuk Berlusconi, saya masih tidak bisa dijual, tetapi saya pun mendatangi dan meyakinkannya. Saya berbicara kepadanya bahwa itu untuk kebaikan saya sendiri."

"Ada beberapa orang, yang berada di Milan, yang mengatakan bahwa saya tidak bisa bermain lagi. Namun, saya tahu bahwa hal itu tidak benar. Oleh sebab itu, saya memutuskan untuk pergi. Saya harus mengubah pola latihan dan untuk kesembuhan tubuh saya."

© INDOSPORT
Alexandre Pato, striker Tianjin Quanjian. Copyright: INDOSPORTAlexandre Pato, striker Tianjin Quanjian.

Setelahnya, pria berusia 27 tahun itu pun hengkang ke klub asal Brasil, Corinthians. Sayangnya, ia tidak bisa menunjukkan performa yang baik. Ditambah dengan kegagalannya mencetak gol dalam adu penalti kontra Gremio pada Copa do Brasil 2013 silam. Kegagalannya itu membuat timnya gagal melaju ke babak semifinal, mengutip dari FourFourTwo (13/01/16).

Setelahnya, Pato pun beberapa kali dipinjamkan ke Sao Paulo, Chelsea, hingga akhirnya kembali dijual ke Villarreal. Hanya merasakan setengah musim bersama klub asal La Liga Spanyol itu, pada Januari 2017 kemarin pria asal Brasil itu pun kembali dijual ke klub asal China, Tianjin Quanjian.

IDS Emoticon Suka
Suka
29%
IDS Emoticon Takjub
Takjub
7%
IDS Emoticon Lucu
Lucu
7%
IDS Emoticon Kaget
Kaget
21%
IDS Emoticon Aneh
Aneh
7%
IDS Emoticon Takut
Takut
0%
IDS Emoticon Sedih
Sedih
7%
IDS Emoticon Marah
Marah
21%