4 Pemain 'From Hero to Zero' yang Jadi Korban Klub Besar

Rabu, 19 Juli 2017 19:05 WIB
Penulis: Frederica | Editor: Yohanes Ishak
© Indosport
Anderson Luis de Abreu Oliveira kala memperkuat Manchester United. Copyright: © Indosport
Anderson Luis de Abreu Oliveira kala memperkuat Manchester United.
Anderson (Mantan Pemain Manchester United)

Pria dengan nama lengkap Anderson Luis de Abreu Oliveira ini sebelumnya digadang-gadang menjadi pemain masa depan Manchester United. Bermain di posisi gelandang serang, Anderson didatangkan oleh Man United dari Porto pada 2007 silam.

Saat itu, Anderson baru membela klub berjuluk Blue and Whites itu pada 22 laga pertandingan selama dua musim. Meskipun minim dalam jam bertanding, pihak Setan Merah tidak ragu untuk mendatangkan pria berusia 29 tahun itu karena melihat performa ciamiknya.

Tidak tanggung-tanggung, manajemen klub The Red Devils pun menggelontorkan dana sebesar 26,78 juta pounds atau sekitar Rp464 miliar, menurut data dari Transfermarkt.

© Indosport
Anderson Luis de Abreu Oliveira saat membela Porto. Copyright: IndosportAnderson Luis de Abreu Oliveira saat membela Porto.

Pada awal musim perdananya bersama klub United, pria asal Brasil itu memang memperlihatkan performanya yang top. Sayangnya, cedera yang dialaminya membuat ia pun mengalami penurunan performa.

Memasuki musim 2009/10, Anderson mengakhiri musim itu lebih cepat akibat cedera lutut sehingga membuat dirinya harus absen dalam 18 pertandingan. Selain itu, ia juga pernah mengalami musibah kecelakaan mobil pada 2010 silam di Portugal, menurut laporan dari Bleacher Report (14/12/13).

Akibatnya, pihak klub pun memilih untuk meminjamkan sang pemain kepada Fiorentina pada Januari 2014 selama setengah musim hingga Juni 2014. Selanjutnya, Anderson pun membela klub asal Brasil, Internacional pada Februari 2015 dengan status bebas transfer ketika masa kontraknya sudah habis.

Setelah dua tahun membela klub berjuluk The Red itu, ia kembali berstatus pemain pinjaman sejak Februari 2017 ini di klub Coritiba hingga akhir tahun ini.

Dikarenakan sering mengalami cedera, terlebih pada saat membela Man United dengan total 8 kali pada 2008 hingga 2014, para warganet pun seakan memberikan label pada sang pemain. Hal itu tergambar ketika pria kelahiran 13 April 1988 tersebut hanya bermain selama 36 menit saja kontra The Strongest pada Copa Libertadores, Februari 2015 silam.

© Telegraph.co.uk
Anderson Luis de Abreu Oliveira menggunakan alat bantu pernapasan. Copyright: Telegraph.co.ukAnderson Luis de Abreu Oliveira menggunakan alat bantu pernapasan.

Pasalnya, Anderson diganti karena mengalami cedera. Mengutip The Telegraph (18/02/15), Anderson memperlihatkan tampak raut wajah sedang menahan rasa sakit. Setelah duduk di bangku pemain, ia pun meminta tolong untuk diberikan alat bantu pernapasan. Hal itu pun seakan menjadi hal yang 'biasa' bagi para fans Man United.

IDS Emoticon Suka
Suka
29%
IDS Emoticon Takjub
Takjub
7%
IDS Emoticon Lucu
Lucu
7%
IDS Emoticon Kaget
Kaget
21%
IDS Emoticon Aneh
Aneh
7%
IDS Emoticon Takut
Takut
0%
IDS Emoticon Sedih
Sedih
7%
IDS Emoticon Marah
Marah
21%