4 Pemain 'From Hero to Zero' yang Jadi Korban Klub Besar

Rabu, 19 Juli 2017 19:05 WIB
Penulis: Frederica | Editor: Yohanes Ishak
© Indosport
Bojan Krkic saat masih membela Barcelona. Copyright: © Indosport
Bojan Krkic saat masih membela Barcelona.
Bojan Krkic (Mantan Pemain Barcelona)

Para pencinta sepakbola pastinya tidak asing dengan nama Bojan Krkic. Krkic, seorang pesepakbola yang sempat dijuluki sebagai "The Next Lionel Messi" dan digadang-gadang akan menjadi pemain top dunia di Barcelona. Sayangnya, kini namanya mulai redup di dunia persepakbolaan.

Sejak 2007 silam, Krkic mendapatkan tempat di tim utama Barcelona, yang dipromosikan dari tim Barcelona B. Pada awal-awal musim perdananya, pria asal Spanyol itu bahkan sempat mengalahkan rekor yang dicatatkan oleh Lionel Messi di usianya ke 17 tahun 19 hari, kala melawan Osasuna pada September 2007, diberitakan Goal (30/01/17).

Performa apik yang ditunjukkan di setiap pertandingan membuat namanya semakin melejit dan dikenal oleh masyarakat luas. Tidak ketinggalan, pujian dari pelatih pun turut diberikan.

© Indosport
Bojan Krkic saat masih membela Barcelona. Copyright: IndosportBojan Krkic saat masih membela Barcelona.

"Bojan merupakan harta karun di sepakbola," ucap Frank Rijkaard, pelatih Barcelona kala itu, diberitakan The Guardian (02/06/14) lalu.

"Hanya ada sedikit pemain yang mempunyai sentuhan magis. Bojan adalah salah satu dari pemain itu," puji Pep Guardiola, yang saat itu menggantikan Rijkaard.

Setelah namanya terkenal, banyak sekali para masyarakat ataupun pihak klub yang menaruh ekspektasi tinggi kepada diri Bojan. Sayangnya, kala itu Bojan tidak bisa menanggung beban yang dipikulnya.

"Setiap malam, saya tidak bisa berjalan-jalan. Saya juga tidak bisa pergi ke pesta ulang tahun ataupun bioskop," keluh Bojan.

© Indosport
Bojan Krkic saat memperkuat Stoke City. Copyright: IndosportBojan Krkic saat memperkuat Stoke City.

Ditambah dengan kepergian Rijkaard, yang kemudian digantikan oleh Pep, yang disinyalir sebagai awal kemerosotan karier Bojan.

Berdasarkan data dari Transfermarkt, pada 2011 lalu dirinya pun memilih hengkang ke AS Roma. Baru semusim berseragam merah kuning, Bojan dipinjamkan ke AC Milan, yang kemudian dijual kembali ke mantan klubnya, Barca.

Lagi-lagi, dirinya pun langsung dipinjamkan ke klub asal Eredivisie, Ajax Amsterdam pada musim 2013/14. Setelahnya, ia pun dijual ke klub Liga Primer Inggris, yaitu Stoke City.

Sudah membela selama 3 tahun hingga awal 2017 ini, Bojan kembali berstatus sebagai pemain pinjaman untuk klub asal Bundesliga Jerman, Mainz 05, yang masa kontraknya hanya setengah musim hingga 30 Juni 2017 kemarin.

Sayangnya, kemampuan magisnya tidak lagi seperti dulu, yang membuat namanya kian meredup di dunia si kulit bundar. Hal itu yang juga membuat dirinya mengalami penurunan harga. Terakhir, saat dirinya dijual oleh Barca ke Stoke City, Bojan 'hanya' dihargai 1,8 juta euro atau sekitar Rp27 miliar.

Padahal, dua kali proses pembelian dirinya bernilai lebih mahal, yaitu 12 juta euro (Rp184 miliar) kala dirinya dijual ke AS Roma dan 13 juta euro (Rp199 miliar) ketika ia dijual kembali oleh Serigala Ibu Kota Italia ke Barca.

IDS Emoticon Suka
Suka
29%
IDS Emoticon Takjub
Takjub
7%
IDS Emoticon Lucu
Lucu
7%
IDS Emoticon Kaget
Kaget
21%
IDS Emoticon Aneh
Aneh
7%
IDS Emoticon Takut
Takut
0%
IDS Emoticon Sedih
Sedih
7%
IDS Emoticon Marah
Marah
21%