4 Pemain 'From Hero to Zero' yang Jadi Korban Klub Besar

Rabu, 19 Juli 2017 19:05 WIB
Penulis: Frederica | Editor: Yohanes Ishak
© talkSPORT
Federico Macheda saat mencetak gol untuk Manchester United. Copyright: © talkSPORT
Federico Macheda saat mencetak gol untuk Manchester United.
Federico Macheda (Mantan Pemain Manchester United)

Nama Federico 'Kiko' Macheda dikenal banyak orang, terutama para fans Manchester United kala dirinya membawa rekan-rekannya memenangi pertandingan di Liga Primer Inggris pada 2009 silam. Kala itu, Setan Merah melakoni laga kandang kontra Aston Villa.

Man United berhasil memperoleh gol perdana lewat sepakan Cristiano Ronaldo pada menit ke-14. Sayangnya, kubu tamu berhasil menorehkan dua gol pada menit ke-30 dan 58 lewat John Carew serta Gabriel Agbonlahor. Setelahnya, Ronaldo kembali mencatatkan nama di papan skor sehingga skor pun imbang 2-2.

Menjelang berakhirnya laga pertandingan, tepatnya di menit ke-90, Macheda mampu merobek jala gawang lawannya sehingga skor menjadi 3-2 untuk kemenangan Man United. Padahal, Macheda baru dimainkan pada menit ke-61, menggantikan Nani.

© Indosport
Federico Macheda dan Cristiano Ronaldo saat sama-sama membela Manchester United. Copyright: IndosportFederico Macheda dan Cristiano Ronaldo saat sama-sama membela Manchester United.

Kejadian itu pun menjadi hal yang sangat dikenang oleh Macheda sendiri. Namun sayangnya, setelah menjalani dua tahun perdananya membela klub di Old Trafford, ia pun menjadi pemain pinjaman. Pada 2011, pria berusia 25 tahun itu berstatus pemain pinjaman milik Sampdoria. Setelahnya, ia pun dipinjamkan ke Queens Park Rangers, VfB Stuttgart, Doncaster Rovers, hingga Birmingham.

Ketika masa kontraknya habis, ia pun hengkang ke Cardiff dan kembali dipinjamkan ke Nottingham Forest.

© Indosport
Federico Macheda saat dipinjamkan ke Cardiff. Copyright: IndosportFederico Macheda saat dipinjamkan ke Cardiff.

Setelah sempat berstatus bebas transfer pada Agustus 2016, Macheda pun beralih ke klub asal Italia, Novara Calcio yang bermain di Serie B Italia.

Namun sepertinya, langkah yang ia lakukan memberikan penyesalan yang mendalam baginya. Pasalnya, Sir Alex Ferguson pernah berdiskusi mengenai masa depan kariernya. Hanya saja, Macheda tidak mendengarkan perkataan Ferguson.

"Fergie ingin saya tetap menjadi pemain pinjaman. Saya melihat itu sebagai hal masuk akal karena banyak klub Liga Primer Inggris yang menginginkan saya, seperti Everton dan Sunderland. Hanya saja, saya ingin bermain di Italia, di Serie A Italia. Fergie tidak setuju dengan hal itu. Ia pun mengatakan bahwa saya harus bermain di Inggris, di mana ia bisa mengawasi saya," tuturnya kepada ESPN, sebagaimana dikutip dari Goal (25/05/17). 

IDS Emoticon Suka
Suka
29%
IDS Emoticon Takjub
Takjub
7%
IDS Emoticon Lucu
Lucu
7%
IDS Emoticon Kaget
Kaget
21%
IDS Emoticon Aneh
Aneh
7%
IDS Emoticon Takut
Takut
0%
IDS Emoticon Sedih
Sedih
7%
IDS Emoticon Marah
Marah
21%