Bola Internasional

Kaleidoskop 2017: Real Madrid Terbaik di Balik Kegagalan Italia

Minggu, 31 Desember 2017 14:00 WIB
Editor: Cosmas Bayu Agung Sadhewo
© Grafis:Yanto/Indosport.com
Kaleidoskop Bola Internasional 2017. Copyright: © Grafis:Yanto/Indosport.com
Kaleidoskop Bola Internasional 2017.

Beberapa kejadian mengejutkan terjadi di kancah sepakbola internasional paruh kedua ini, terutama dari sektor kualifikasi Piala Dunia 2018. Secara mengejutkan, beberapa negara langganan Piala Dunia harus absen di Rusia pada tahun 2018 nanti.

Sementara itu, di semester kedua bola internasional kali ini Real Madrid berhasil mempertegas diri mereka, sebagai yang terbaik di dunia. Hal tersebut dibuktikan dengan berbagai gelar juara yang berhasil diraih oleh skuat Zinadine Zidane.

© Real Madrid
Real Madrid saat memenangkan Piala Dunia antarklub 2016. Copyright: Real MadridReal Madrid saat memenangkan Piala Dunia antarklub 2016.

Di sisi lain, dari bursa transfer pun sebuah rekor dunia terpecahkan. Sebuah klub kaya raya asal Prancis, Paris Saint-Germain, menggegerkan dunia dengan menggelontorkan dana 222 juta euro, atau sekitar Rp3,4 triliun untuk seorang pemain bintang dari Brasil, Neymar Jr.

Keinginan besar manajemen PSG untuk mendatangkan Neymar pun membuat mereka mau tak mau harus mengaktifkan nilai dalam klausul kontrak sang pemain dengan klubnya terdahulu, Barcelona. Hal ini pun langsung mendapatkan sorotan tajam dari para pencinta sepakbola.

© twitter@PSG_inside
Jersey Neymar Copyright: twitter@PSG_insideNeymar diperkenalkan di Paris Saint-Germain.

Selain nominal Neymar yang mengejutkan, terdapat pula beberapa transfer yang dianggap kontroversial oleh para pencinta sepakbola internasional. Seperti hengkangnya bek andalan Juventus, Leonardo Bonucci, ke kubu rival AC Milan.

Lantas, seperti apakah kejadian-kejadian dalam sepakbola internasional di sepanjang Juli-Desember 2017? Berikut ulasan dari INDOSPORT:

58