Liga Indonesia

Belum Miliki KITAS, Pemain Asing PSM Asal Australia Tetap Bisa Turun di Piala Presiden 2018

  • KITAS wajib dimiliki oleh semua pemain asing untuk memenuhi persyaratan yang ditetapkan pemerintah bagi setiap pekerja asing di Indonesia.
  • Salah satu pemain asing yang masih belum selesai mengurus KITAS adalah pemain PSM Makassar asal Australia, Bruce Djite.
  • Namun, walau KITAS-nya belum rampung, Bruce tetap bisa diturunkan di Piala Presiden. Kenapa bisa?
Sabtu, 13 Januari 2018 20:57 WIB
Editor: Prio Hari Kristanto
© Reno Firhad Rinaldi/INDOSPORT
Pemain asing baru PSM Makassar,  Bruce Djite. Copyright: © Reno Firhad Rinaldi/INDOSPORT
Pemain asing baru PSM Makassar, Bruce Djite.

Gelaran turnamen Piala Presiden 2018 tinggal menghitung hari. Berbagai klub mempersiapkan diri mereka dengan merekrut pemain asing untuk memperkuat tim mereka.

Bersamaan dengan hal tersebut, ada beberapa hal yang perlu diperhatikan mereka untuk bisa memainkan pemain asing barunya di gelaran Piala Presiden 2018. Salah satunya adalah Kartu Izin Sementara (KITAS).

KITAS wajib dimiliki oleh semua pemain asing untuk memenuhi persyaratan yang ditetapkan pemerintah bagi setiap pekerja asing di Indonesia.

Salah pemain yang masih belum selesai mengurus KITAS adalah pemain asing PSM Makassar asal Australia, Bruce Djite. Djite yang baru bergabung pada awal Januari tahun ini disebutkan belum memiliki KITAS untuk bisa berlaga di kompetisi resmi di Indonesia.

© Reno Firhad Rinaldi/INDOSPORT
Pemain asing baru PSM Makassar,  Bruce Djite. Copyright: Reno Firhad Rinaldi/INDOSPORTPemain asing baru PSM Makassar, Bruce Djite.

Hal itu pun diakui oleh manajemen PSM Makassar. Melalui Media Officer mereka, Andi Widya Syadzwina mengatakan bahwa KITAS untuk Bruce Djite sementara masih dalam proses pembuatan. Akan tetapi, Djite dikatakan tetap bisa bermain di Piala Presiden 2018 nanti dengan surat IMTA (Izin Mempekerjakan Tenaga Kerja Asing) yang sedang diurus.

Sementara itu, untuk tiga pemain asing mereka lainnya yakni Marc Anthony Klok, Wiljan Pluim dan Steven Paulle dikatakan telah memiliki KITAS dan bisa berlaga di Piala Presiden 2018 nanti.

"Untuk tiga (pemain) asing PSM  aman, sementara Djite sudah kami laporkan ke PSSI untuk pengurusan IMTA," ujar Wina, sapaan akrabnya, Sabtu (13/1/2018).

"Untuk Piala Presiden yang penting ada IMTA dulu bisa sambil menunggu proses KITAS selesai," pungkasnya.