Bola Internasional

Miris, Klub Eropa Ini Tertipu Pemain Rekrutannya karena Data Fiktif Wikipedia

Minggu, 4 Februari 2018 09:55 WIB
Editor: Isman Fadil
© Twitter@ClaretLTU
Barkley Miguel Panzo (kiri) saat diperkenalkan FK Panevezys Copyright: © Twitter@ClaretLTU
Barkley Miguel Panzo (kiri) saat diperkenalkan FK Panevezys

Mencari info seorang pesepakbola melalui situs Wikipedia memang cara paling mudah dilakukan. Sialnya, klub asal Lithuania, FK Panevezys, tertipu saat merekrut pemain anyarnya.

FK Panevezys mengabarkan bahwa mereka telah berhasil memboyong pemain asal Angola kelahiran Prancis, Barkley Miguel-Panzo, melalui situs resmi klub. Panevezys kepincut mendatangkan Panevezys karena terkesan dengan profil sang pemain di Wikipedia. 

Dalam laman Wikipedia, Miguel-Panzo tercatat pernah memperkuat Queens Park Rangers, dan mencetak 45 gol dalam 36 pertandingan untuk klub Liga Inggris tersebut. Miguel-Panzo tampil di QPR dalam rentang waktu tahun 2010 hingga 2012.

"Panzo telah menunjukkan performa yang mengesankan pada laga persahabatan menghadapi Wigry dan RFS. Performa yang ditampilkan telah menunjukkan bahwa sang pemain bermain di kejuaraan besar," tulis ofisial FK Panevezys di situs resmi klub.

"Ia adalah pesepakbola serbaguna yang bisa bermain di berbagai posisi di lini tengah. Kami memiliki kelemahan dalam hal serangan, jadi kami sepakat untuk mengontrak pemain ini."

Usut punya usut, data itu rupanya fiktif. Seperti dilansir The Sun, Miguel-Panzo memang sempat merumput di QPR. Tapi cuma sebagai pemain junior, sehingga catatan bikin golnya yang apik itu tentu saja keliru.

Pemain 25 tahun itu lebih banyak memperkuat klub-klub amatir London seperti Hillingdon, Northwood, Hendon, Cambridge City dan Woking, sebelum meneruskan kariernya ke Prancis pada 2012.

© The Sun
Biodata fiktif Barkley Miguel-Panzo di Wikipedia. Copyright: The SunBiodata fiktif Barkley Miguel-Panzo di Wikipedia.

Sontak saja akibat tertipu oleh pemain anyar membuat laman Facebook FK Panevezys menjadi bulan-bulanan dengan komentar miring. Salah satunya dari akun bernama As Kazkas, yang menyebut, “Ngomong-ngomong klub Anda butuh pemandu bakat? Bisa menggunakan situs (semacam) transfermarkt, wikipedia, dan Youtube?”.

Seperti diketahui laman Wikipedia memang terbuka untuk direvisi secara umum oleh siapapun. Setelah ketahuan kebohongan-kebohongan yang dilakukan Miguel-Panzo di laman Wikipedia tersebut, Panevezys langsung memecatnya dan data Miguel-Panzo di Wikipedia kini sudah dibersihkan dari data-data keliru.  

670