Liga Inggris

Menurut Legenda Inggris, Guardiola Jenius Namun Mourinho Lebih Baik

Selasa, 13 Februari 2018 20:03 WIB
Penulis: Arief Tirtana | Editor: Ardini Maharani Dwi Setyarini
 Copyright:

Memperdebatkan siapa yang lebih hebat antara Pep Guardiola dengan Jose Mourinho memang tidak akan ada habisnya. Namun akan jadi menarik jika yang berbicara adalah legenda Sepakbola Inggris Gary Lineker.

Seperti dilansir  planetfootball, mantan penyerang the three lions tersebut memuji Pep sebagai sosok yang jenius namun menganggap Jose telah mendapatkan hasil yang lebih baik dengan tim yang lebih buruk.

© Michael Steele/Getty Images
Pelatih Man United, Jose Mourinho (kanan) dan pelatih Man City, Pep Guardiola. Copyright: Michael Steele/Getty ImagesPelatih Man United, Jose Mourinho (kanan) dan pelatih Man City, Pep Guardiola.

Penyerang yang pernah bermain untuk Barcelona ini mencontohkan apa yang terjadi di Liga Primer Inggris musim ini. Keunggulan Man City 16 poin dari Man United di klasemen adalah buah skuat yang lebih baik yang dimiliki Citizen.

“Alasan mengapa City saat ini berada diatas United sebagian memang berkat kejeniusan Manajer, namun yang paling penting adalah fakta bahwa mereka memiliki pemain yang lebih bagus dalam keseluruhan tim mereka," kata Lineker.

Pria 57 tahun ini juga menyatakan bahwa pemain akan selalu mempengaruhi keberhasilan atau kegagalan seorang Manajer. Hal tersebut tidak akan pernah berubah sekalipun kita berpikir bahwa Manajer yang kita miliki akan mampu membawa perubahan di tim.

Dalam kesempatan yang sama dirinya juga mengaku senang bahwa ada dua manajer hebat tersebut yang sedang bersaing dalam perburuan gelar di negaranya Inggris.

"Mourinho dan Guardiola sangat bagus dalam dunia sepakbola, cara melatih dan pemikiran taktik mereka. Dan itu bagus buat kami, memiliki mereka di negara kami," ungkapnya.

© INDOSPORT
Pelatih Manchester United, Jose Mourinho. Copyright: INDOSPORTPelatih Manchester United, Jose Mourinho.

Mengakui kehebatan dua manajer tersebut, Lineker juga bersikap adil ketika dimintai pendapat akan memilih Pep atau Jose sebagai Manajer untuk menukangi sebuah tim tanpa pemain bintang.

"Pilihan saya akan selalu melihat Guardiola karena saya mencintai bagaimana dia menangani tim dalam setiap pertandingan. Tetapi saya memperkirakan jika harus menangani tim papan bawah Liga Primer Inggris, Mourinho akan menjadi sedikit lebih baik dengan skuat yang disi pemain dengan kualitas rendah," jelasnya.

953