Liga Champions

FC Porto 0-5 Liverpool: Trisula Maut Menangkan The Reds

Kamis, 15 Februari 2018 05:28 WIB
Penulis: Wira Wahyu Utama | Editor: Juni Adi
© INDOSPORT
Liverpool. Copyright: © INDOSPORT
Liverpool.

Babak Pertama

Liverpool yang tampil sebagai tim tamu menunjukkan kelasnya. Anak asuh Jurgen Klopp ini langsung menekan sejak menit awal. Praktis, Firminho dkk mampu menguasai jalannya pertandingan.

Sementara itu, Porto yang tampil dihadapan ribuan pendukungnya sendiri seperti tak berdaya. Mereka terlihat tertekan di bawah guyuran hujan di Stadion Do Dragao.

Kebuntuan akhirnya pecah pada menit ke-25 melalui gol Sadio Mane yang memanfaatkan kesalahan beberapa pemain di lini belakang FC Porto. Skor pun berubah menjadi 1-0 untuk The Reds.
 

Tak berselang lama, empat menit setelah gol Mane, klub Inggris dengan raihan gelar Liga Champions terbanyak itu menambah keunggulan di menit ke-29. Kali ini, melalui winger andalanya, Mohamed Salah. Pemain asal Mesir ini sukses memanfaatkan bola rebound hasil sepakan Milner, yang mengenai mistar gawang. Skor berubah 2-0.

Tertinggal dua gol, Dragoes julukan FC Porto mencoba membalikkan keadaan. Sejak menit ke-30 hingga turun minum, kedua tim mulai bertukar serangan. Namun, sampai wasit meniup peluit tanda berakhir babak pertama, skor 2-0 untuk keunggulan Liverpool tak berubah.

Babak Kedua

Tertinggal dua gol di kandang sendiri, membuat tuan rumah langsung tancap gas di menit awal babak kedua. Anak asuh Sergio Conceicao ini tampil lebih baik dibanding paruh pertama. Herrera dkk berhasil menguasai lapangan tengah. Pola serangan Porto juga terlihat lebih kreatif.

Namun, nahas bagi mereka, karena keasyikan menyerang akhirnya gagal melakukan transisi dengan baik. Melalui skema serangan balik cepat, The Reds berhasil menambah keunggulan melalui Sadio Mane. Mane memanfaatkan bola rebound hasil sepakan Firmino usai menerima umpan matang dari Salah.

Unggul tiga gol tak membuat anak asuh Jurgen Klopp bersantai. Mereka bermain disiplin, terutama lini tengah dan pertahanan. Praktis hal itu membuat serangan tuan rumah selalu gagal. Liverpool bahkan kembali menambah keunggulan menjadi 4-0 lewat gol Firmino pada menit ke-69, yang lagi-lagi melalui serangan balik.

Tertinggal empat gol tanpa balas membuat Porto tampil menyerang dengan agresif. Sayangnya, tak satu pun dari serangan mereka yang berbuah gol. Alih-alih memperkecil jurang agregat di leg kedua nanti, klub berjuluk naga ini malah kembali kebobolan lima menit jelang waktu normal berakhir. 

Gol penutup dalam laga yang berakhir 5-0 ini dicetak oleh Mane. Skor 5-0 bertahan hingga wasit meniup peluit panjang tanda berakhir pertandingan.

Susunan Pemain Kedua Tim:

FC Porto

Jose Sa; Ricardo, Reyes, Marcano, Alex Telles; Herrera, Sergio Oliveira Otavio, Brahimi; Marega, Soares.

Liverpool

Karius; Alexander-Arnold, Van Dijk, Lovren, Robertson; Milner, Henderson, Wijnaldum; Mane, Salah, Firmino.