Liga Indonesia

Komentar Luis Milla Soal Uji Coba Melawan Singapura dan Filipina

Senin, 19 Februari 2018 16:33 WIB
Penulis: Petrus Manus Da' Yerimon | Editor: Isman Fadil
© Herry Ibrahim/INDOSPORT
Egy Maulana Vikri (kiri bawah) berbincang dengan pelatih Luis Milla. Copyright: © Herry Ibrahim/INDOSPORT
Egy Maulana Vikri (kiri bawah) berbincang dengan pelatih Luis Milla.

Federasi Sepakbola Indonesia, PSSI telah menjadwalkan dua laga uji coba internasional untuk Timnas Indonesia U-23 pada bulan Maret. Skuat Garuda Muda diagendakan menjalani laga away melawan Singapura pada 21 Maret dan Filipina empat hari berselang atau tepatnya 25 Maret.

Akan tetapi, rencana tersebut rupanya belum diketahui secara detail oleh pelatih Timnas U-23, Luis Milla. Pria asal Spanyol itu mengatakan ia baru mengetahui info tersebut dari media dan saat ini mereka tetap fokus berlatih sebagai persiapan untuk mengikuti Asian Games 2018 pada Agustus mendatang.

Karenanya, Luis Milla mengisyaratkan akan berkomunikasi lebih lanjut dengan PSSI untuk menyusun program jika dua laga internasional tersebut benar-benar terealisasi. Hal itu berkaitan dengan laga yang bertajuk FIFA match day yang berefek pada perolehan poin dan ranking Indonesia di peringkat dunia.

"Kami belum mengetahui lebih jelasnya apakah akan bermain melawan Filipina dan Singapura. Sebab, belum ada yang mengabari kami," ucap Milla usai latihan.

"Rencana kami dalam pelatihan kali ini adalah mempersiapkan kondisi terbaik untuk Asian Games. Jadi, kami
mempersiapkan dengan menggelar training camp ini," imbuhnya.

© Herry Ibrahim/INDOSPORT
Briefing para pemain Timnas U-23 dengan Luis Milla sebelum babak kedua. Herry Ibrahim Copyright: Herry Ibrahim/INDOSPORTBriefing para pemain Timnas U-23 dengan Luis Milla sebelum babak kedua. Herry Ibrahim

Rencana uji coba Timnas U-23 melawan Singapura dan Filipina itu mengemuka karena agenda sebelumnya yakni melawan Persija Jakarta kemungkinan besar batal digelar karena belum ada titik temu soal venue yang akan digunakan. Hal itu disampaikan oleh Sekjen PSSI, Ratu Tisha Destria di kantor PSSI, Minggu (18/02/18).  

"Persija vs U-23 batal dalam waktu dekat dan akan dijadwalkan ulang. Untuk Februari yang Persija kami tunda karena stadion tidak bisa dipakai,” ucapnya.

Sementara itu, untuk mempersiapkan tim menuju Asian Games, Luis Milla saat ini tengah menempa 26 pemain dalam pemusatan latihan di Lapangan ABC Senayan, Jakarta. Ada empat  pemain senior yang diikutsertakan yakni Ilija Spasojevic, Andritany Ardhiyasa, Muhammad Ridho dan Nelson Alom. Mereka sengaja dipanggil untuk dilihat kemampuannya karena pada Asian Games nanti ada tiga pemain senior yang bisa dipanggil.

Tak hanya itu, beberapa muka baru juga terlihat di Lapangan ABC Senayan yaitu Andhika Wijaya dari Bali United, Dandi Maulana dari Barito Putera serta dua pemain senior Muhammad Ridho dan Nelson Alom.

549