Liga Inggris

Komentar Mengejutkan Eks Pelatih Inggris tentang Dele Alli

Sabtu, 24 Februari 2018 15:35 WIB
Penulis: Rafif Rahedian | Editor: Matheus Elmerio Giovanni
© Getty Images
Dele Alli diduga melakukan simulasi saat melawan Swansea (2016). Copyright: © Getty Images
Dele Alli diduga melakukan simulasi saat melawan Swansea (2016).

Baru-baru ini Dele Alli menjadi sorotan terkait aksi diving yang kerap kali ia lakukan di atas lapangan. Banyak publik yang menilai bahwa pemain asli Inggris tersebut sengaja menjatuhkan diri untuk mengelabui wasit demi mendapatkan hadiah tendangan bebas atau penatli.

Hal itu terjadi ketika Tottenham Hotspur menjalani laga kontra Liverpool dalam lanjutan Liga Primer Inggris. Tak jarang pemain berusia 21 tahun tersebut mendapat kritikan dari berbagai pihak. Saat itu dirinya terjatuh tanpa adanya sentuhan fisik dari pemain Liverpool.

Mantan pelatih Timnas Inggris, Roy Hodgson, pun akhirnya angkat suara mengenai aksi diving tersebut. Hodgson mengaku tidak setuju dengan tuduhan yang diberikan banyak pihak menganai aksi yang diperlihatkan Alli.

Pasalnya, pelatih yang saat ini membela Crystal Palace tersebut sama sekali tidak percaya bahwa gelandang muda Tottenham tersebut melakukan diving. Karena saat Hodgson bekerja bersama Alli, dirinya sama sekali tidak melihat permainan seperti itu.

© Getty Images
Dele Alli mendapatkan kartu kuning karena diving melawan Liverpool (2018) Copyright: Getty ImagesDele Alli mendapatkan kartu kuning karena diving melawan Liverpool (2018).

"Kami berbicara tentang Tottenham dan mendiskusikan pemain mereka tapi kami pasti tidak membahas Dele Alli dan diving karena saya tidak berpikir dia melakukannya. Sesederhana itu," katanya, dikutip dari The Mirror.

"Dia berlari dengan bola dan terjatuh. Pada saat saya bekerja dengan dia, saya tidak melihat ada aspek permainannya atau karakternya yang memperlihatkan kecurangan dengan cara apa pun," lanjutnya.

© Internet
Roy Hodgson Copyright: InternetRoy Hodgson

Menurut Hodgson, di era sepakbola saat ini semua pihak akan mengatakan pemain melakukan diving, jika wasit tidak meniup peluit. Itu lah yang saat ini menimpa pemain kelahiran 11 April 1996 tersebut.

"Ya, dia akan terjatuh di area penalti, dia akan dikotori. Beberapa akan diberikan hukuman dan beberapa tidak, dan bila hukumannya tidak diberikan, orang akan bilang dia diving, itulah yang terjadi pada sepakbola hari ini. Tapi dia tidak curang dan dia tidak diving, itu sudah pasti," tutupnya.

122