Liga Inggris

Barcelona 1-0 Atletico Madrid: El Barca Makin Kokoh di Puncak

Senin, 5 Maret 2018 00:23 WIB
Penulis: Arief Tirtana | Editor: Matheus Elmerio Giovanni
© INDOSPORT
Lionel Messi melakukan selebrasi bersama rekan setimnya usai berhasi cetak gol ke gawang Atletico Madrid. Copyright: © INDOSPORT
Lionel Messi melakukan selebrasi bersama rekan setimnya usai berhasi cetak gol ke gawang Atletico Madrid.

Babak Pertama

Barcelona mengambil inisiatif sejak awal. Namun serangan yang mereka coba bangun langsung harus berhadapan dengan permainan keras lini pertahanan Atletico Madrid. Menit ke-4, tekel keras Vrsaljko sudah langsung dirasakan Andres Iniesta yang coba menusuk dari lini kanan pertahanan  Los Colchoneros.

Terus menyerang dalam sepuluh menit awal, Barcelona hanya mampu menghasilkan beberapa sepak pojok yang sama sekali belum bisa mengancam. Sampai menit sebelas. mereka sudah mendapatkan empat kali sepak pojok.

Permainan keras Atletico hampir saja memakan korban, lagi-lagi Iniesta yang jadi sasaran. Berduel dengan Vrsaljko, pemain 33 tahun itu terjatuh sampai harus mengalami perawatan tim medis. Namun beruntung kapten El Barca itu masih bisa melanjutkan pertandingan. 

Terus bermain keras, kali ini Messi yang menjadi sasaran tekel Thomas tepat didepan kotak penalti. Mendapatkan tendangan bebas pada posisi strategis, Messi langsung mengeksekusi sendiri peluang itu. Bola yang disepaknya ke sudut kiri atas gawang Jan Oblak melesat keras tak terjangkau dan membuat Barcelona unggul pada menit ke-26.  Satu gol Barcelona unggul atas Atletico.


Tertinggal satu gol, permainan Atleti tidak kunjung membaik. menit ke-30 terjadi benturan keras antara Messi dan Koke. Namun wasit menilai superstar Argentina tersebut yang melakukan pelanggaran, wasit bahkan menghadiahi Messi dengan kartu kuning.

Semenit berselang Barcelona kembali membuka peluang, bola sepakan Suarez tepat dimuka gawang membentur Gimenez, Suarez meminta penalti ke wasit karena menilai bola mengenai tangan. Namun wasit tetap melanjutkan pertandingan.

© INDOSPORT
Luis Suarez melakukan protes kepada wasit. Copyright: INDOSPORTLuis Suarez melakukan protes kepada wasit.

Sempat mengalami perawatan, Iniesta akhirnya tidak bisa melanjutkan pertandingan. Menit ke-38, dirinya harus rela digantikan Andre Gomes akibat cedera hamstring.  Barcelona sempat kembali membuka peluang lewat Coutinho, Gomes, dan Pique namun skor tetap bertahan 1-0 hingga turun minum.

Babak Kedua

Babak kedua dimulai, belum ada perubahan yang dilakukan baik oleh Valverde maupun Simeone yang sedang dalam posisi tertinggal. Barcelona memulai babak kedua ini dengan tempo yang sedikit lambat. Penyerang Atletico Diego Costa sempat coba memanfaatkan, namun sayang Costa yang telah lolos dari kawalan para pemain belakang ternyata terlebih dahulu terjebak offside.

Tim tamu masih terus bermain keras, kali ini giliran Gimenez mendapat kartu kuning usai melanggar keras Ivan Rakitic. Simeone akhirnya melakukan perubahan drastis dengan menarik salah satu pemain belakangnya Vrsaljko digantikan pemain menyerang Angel Correa pada menit ke-59.

© INDOSPORT
Lionel Messi bersama Jordi Alba usai mencetak gol kegawang Athletico Madrid. Copyright: INDOSPORTLionel Messi bersama Jordi Alba usai mencetak gol kegawang Athletico Madrid.

Belum mebuahkan hasil, Pelatih asal Argentina tersebut kembali memasukan penyerang lainnya. kali ini Gameiro masuk menggantikan pemain tengan Gabi delapan menit berselang. Suarez sempat menyontek bola melewati Oblak dan masuk ke gawang pada menit ke-77. Namun hakim garis terlebih dahulu mengangkat bendera offside. Suarez sempat protes namun wasit tak bergeming.

Dua menit berselang, lagi-lagi Barcelona nyaris menambah keunggulan. Umpan Messi mengarah pada Busquets di tiang jauh tetapi kiper Atletico Jan Oblak memperlihatkan reflek bagus untuk menghalau sepakan voli gelandang timnas Spanyol itu.

Selanjutnya Suarez coba menambah keunggulan Barca lewat tendangan chip, namun bola yang telah melewati Oblak masih sedikit melebar. Di sisa laga tidak ada lagi peluang. Blaugrana berhasil meraup tiga poin penuh dan semakin kokoh dipuncak dengan selisih delapan poin atas Atletico Madrid peringkat dua.

Susunan Pemain:

Barcelona (4-3-3): Ter Stegen; Sergi Roberto, Pique, Umtiti, Alba; Busquets, Rakitic, Iniesta (Gomes); Coutinho (Paulinho), Suarez, Messi.

Pelatih: Ernesto Valverde.

Atletico Madrid (4-4-2): Oblak; Vrsaljko (Correa), Godin, Gimenez, Filipe Luis (Hernandez); Koke, Thomas, Gabi (Gamiero), Saul; Griezmann, Diego Costa.

Pelatih: Diego Simeone