In-depth

Bisa Ditiru Nusa Kambangan, Sepakbola Tumbuh Subur di Tengah Tahanan Penjara Uganda

Kamis, 10 Mei 2018 17:04 WIB
Penulis: Annisa Hardjanti | Editor: Ivan Reinhard Manurung
© Wells of Hope Ministries
Penjara Luzira, Uganda. Copyright: © Wells of Hope Ministries
Penjara Luzira, Uganda.
Federasi Sepkabola Uganda Takjub

Mungkin mereka hanyalah kumpulan tahanan yang bosan dengan kehidupan mereka di dalam penjara. Dengan niat berlebih, sebuah organsiasi dan turnamen sepakbola penjara terbesar yang pernah ada pun tercipta di Luzira. Program mereka patut diacungi jempol bagi banyak pihak pencinta sepakbola di dunia.

Tak heran jika Federasi Sepakbola Uganda pun mampu dibuat takjub oleh masyarakat mereka yang terpinggirkan di balik jeruji penjara tersebut. Bahkan para pemain seleski federasi tersebut pernah diadu di lapangan melawan para kesebelasan dari tahanan Luzira. 

Bukan tetap kemenangan atau kekalahan yang sebenarnya menjadi kesimpulan dari laga antara mereka, melainkan sebuah kesadaran sosial bahwa sepakbola telah menjadi pendobrak perbedaan kelas yang ada. Sepakbola telah mengangkat derajat mereka dari balik penjara, terbukti dari organisasi dan bagaimana mereka menjalin komunikasi positif dengan pihak luar.
 
Laga yang dialui antara pemain seleksi federasi dengan para tahanan Luzira berbuah hal positif lain. Mereka mendapatkan donasi untuk lebih mengembangkan pertandingan yang ada di dalam penjara. Mereka mendapatkan bola sepak, peralatan wasit, 50 kardus berisi sabun, dan juga sebuah komputer untuk mendukung pekerjaan administrasi sepakbola mereka.

IDS Emoticon Suka
Suka
0%
IDS Emoticon Takjub
Takjub
100%
IDS Emoticon Lucu
Lucu
0%
IDS Emoticon Kaget
Kaget
0%
IDS Emoticon Aneh
Aneh
0%
IDS Emoticon Takut
Takut
0%
IDS Emoticon Sedih
Sedih
0%
IDS Emoticon Marah
Marah
0%