In-depth

Bisa Ditiru Nusa Kambangan, Sepakbola Tumbuh Subur di Tengah Tahanan Penjara Uganda

Kamis, 10 Mei 2018 17:04 WIB
Penulis: Annisa Hardjanti | Editor: Ivan Reinhard Manurung
© Africa-Uganda Business Travel Guide
Penjara Luzira, Uganda. Copyright: © Africa-Uganda Business Travel Guide
Penjara Luzira, Uganda.
Turnamen Sepakbola Penjara

Sepakbola menjadi sebuah pelarian terbaik yang lebih terarah bagi para tahanan yang hidup di dalam sana. Para tahanan, yang juga bekerja sama dengan para staff penjara membangun sebuah organisasi sepakbola tersendiri. Dan, yah memang mereka juga memiliki medium yang cukup mendukung untuk mewujudkan pertumbuhan sepakbola di dalam sana.

Luzira memiliki lapangan yang cukup luar. Mereka pun mampu memanfaatkan keadaan tersebut untuk program yang lebih baik. Program olahraga semacam itu membuat mereka lebih terbuka dengan pihak luar dan membiarkan mereka untuk turut serta menjalankan program tersebut. 

Dua organisasi di luar penjara yang punya kesempatan untuk menjalankan sepakbola yang ada di dalam penjara adalah universitas dan gereja yang ada di area tersebut. Para profesor maupun guru dari institusi pendidikan tersebut bahkan punya rencana untuk membawa sepakbola penjara ke tingkat yang lebih tinggi lagi. 

Tak hanya sampai di situ saja, mereka pun membangun sebuah aksi pengumpulan dana untuk dapat mengadakan turnamen sepakbola. Dengan aksi tersebut, tentunya mereka akan dapat membeli bola, jersey, dan juga piala berbahan plastik. Pemenang turnamen tersebut akan mendapatkan hadiah beruba gula, sabun, hingga kambing. 

IDS Emoticon Suka
Suka
0%
IDS Emoticon Takjub
Takjub
100%
IDS Emoticon Lucu
Lucu
0%
IDS Emoticon Kaget
Kaget
0%
IDS Emoticon Aneh
Aneh
0%
IDS Emoticon Takut
Takut
0%
IDS Emoticon Sedih
Sedih
0%
IDS Emoticon Marah
Marah
0%