Liga Italia

Kisah Ajaib Parma dari Kebangkrutan Total Hingga Kembali ke Serie A

Sabtu, 19 Mei 2018 09:01 WIB
Editor: Prio Hari Kristanto
© twitter.com/1913parmacalcio
Parma Copyright: © twitter.com/1913parmacalcio
Parma

Tim sarat sejarah Italia, Parma, baru saja memastikan diri promosi ke Serie A usai menempati peringkat kedua klasemen akhir grup B. Parma dipastikan promosi ke Serie A usai mengalahkan tuan rumah Spezia 2-0 di Stadio Alberto Picco, La Spezia, Sabtu (19/o5/18) dini hari. Dua gol Parma cipitakan oleh Fabio Ceravolo dan Amato Ciciretti. Parma finis di peringkat dua klasemen akhir Serie B dengan perolehan 72 poin. Gialoblu pun berhak promosi tanpa melalui play-off. 

Kembalinya Parma untuk meramaikan kasta teratas Liga Italia tentunya membuat banyak pihak ikut merasa senang lantaran klub ini adalah salah satu klub besar di Italia. Parma merupakan klub tersukses keempat Italia di Eropa (di belakang AC Milan, Inter Milan, dan Juventus).

Parma memperoleh kejayaannya di dekade 90-an dan awal 2000-an ketika diperkuat bintang-bintang dunia seperti Fabio Cannavaro, Hernan Crespo, Gianluigi Buffon, Nakata, lilian Thuram, Patrick Mboma, dan lainnya.'

Di masa jayanya, mereka pernah memenangi 1 Piala Winners, 2 Piala UEFA, 1 Piala Super Eropa, 1 Piala Super Italia, dan 3 Coppa Italia. Namun, tiga setengah tahun lalu, tim dengan warna kebesaran kuning biru ini mengalami kebangkrutan keduanya yang membuat klub harus terlempar hingga ke Serie D. Namun, kini Parma mulai bangkit. 

2.7K