Bola Internasional

Menang Dramatis, Belgia Ajari Spanyol Bagaimana Gunakan Cara Cadangan

Selasa, 3 Juli 2018 09:22 WIB
Penulis: Ade Gusti | Editor: Ivan Reinhard Manurung
© Getty Images
Marouane Fellaini berselebrasi usai membuat Belgia mengejar ketertinggalan dari Belgia. Copyright: © Getty Images
Marouane Fellaini berselebrasi usai membuat Belgia mengejar ketertinggalan dari Belgia.

Timnas Spanyol tengah sibuk mencari pelatih baru setelah terdepak dari Piala Dunia melalui adu penalti melawan Rusia pada Senin (02/07/18). Ironisnya, Roberto Martinez menunjukkan La Roja bagaimana menggunakan rencana cadangan ketika Belgia sempat terpuruk 2-0 untuk mengalahkan Jepang.

Keunggulan dua gol Jepang yang diciptakan oleh Genki Haraguchi dan Takashi Inui menempatkan perwakilan Eropa itu dalam posisi yang begitu sulit, tentu saja ini menjadi ujian bagi Martinez untuk membuktikan kemampuannya melatih.

Tak bisa dipungkiri, pelatih asal Spanyol itu sempat melewati hari-hari berat di Everton lantaran tidak memiliki rencana cadangan. Mengambil alih Belgia di Piala Dunia 2018 kali ini Martinez akhirnya menunjukkan peningkatan fleksibilitas strateginya dengan membuat dua pergantian untuk membalikkan keadaan.

Dua pemain Belgia diturunkan dari bangku cadangan, Marouane Fellaini dan Nacer Chadli, di babak kedua dan masing-masing mencetak gol kemenangan untuk Belgia hingga skor berbalik menjadi 3-2.

Fellaini dan Chadli bisa jadi adalah sebuah bukti bahwa Martinez benar-benar memanfaatkan rencana alternatif ketika timnya di ujung tanduk, demikian menurut Marca.  

© GETTY IMAGES
Caption Copyright: GETTY IMAGESPelatih Timnas Belgia di Piala Dunia 2018, Roberto Martinez.

Sayangnya, Spanyol di bawah besutan Fernando Hierro tidak melakukannya sehingga mereka harus kalah secara menyedihkan dari Rusia. Pertandingan berakhir imbang 1-1 sementara adu penalti tidak banyak membantu mereka.

Disebutkan bahwa salah satu faktor kegagalan Spanyol adalah tidak memiliki rencana cadangan untuk menggunakan pemain pengganti. Hal ini yang membuat Spanyol kesulitan dalam mencetak gol ke gawang Igor Akinfeev.

Bisa dipahami sejak kemenangan Spanyol di Piala Dunia 2010 mereka tidak banyak melakukan perubahan, akibatnya mereka kerap melakukan kesalahan berulang. Julen Lopetegui yang baru saja dipecat juga tidak segera memperbaiki masalah ini.

Kini dengan Timnas mencari pelatih baru untuk menggantikan Hierro perlu ditunggu apakah ada pergantian strategi dan keputusan yang akan membuat Spanyol bangkit lagi dari keterpurukan dalam dua edisi Piala Dunia.

Keberhasilan Martinez di Belgia pada akhirnya menggiring orang-orang menyarankan Spanyol untuk memboyong sang pelatih memimpin Timnas setelah turnamen musim panas ini berakhir.

Berikut Jadwal Lengkap Pertandingan Piala Dunia 2018 Hari Ini, Selasa (03/07/18):

Terus ikuti berita terbaru INDOSPORT dengan topik: PIALA DUNIA 2018 RUSIA

2